Jumat, 10 Jul 2020 11:57 WIB

SUV Pertama Aston Martin Akhirnya Masuk Jalur Produksi

Rizki Pratama - detikOto
Produksi pertama Aston Martin DBX SUV pertama Aston Martin keluar jalur produksi. Foto: motor1
Jakarta -

Aston Martin akhirnya memulai produksi SUV pertamanya, yaitu Aston Martin DBX di jalur perakitan yang terletak di Wales. Perusahaan mobil mewah dari Inggris itu pun juga melakukan seremoni rakitan pertama yang keluar dari pabrik itu.

"Merupakan kehormatan untuk berada di sini hari ini untuk menyaksikan selesainya produksi pertama Aston Martin DBX," kata Chief Operating Officer Aston Martin Interim, Keith Stanton, berkomentar setelah contoh rakitan pertama dari DBX keluar dari jalur perakitan.

"Saya sangat bangga dengan tim Aston Martin yang telah bekerja sangat keras untuk mengubah situs mantan Kementerian Pertahanan ini menjadi fasilitas manufaktur mobil kelas dunia yang sekarang memproduksi mobil. Ini merupakan bukti ketangguhan dan ketabahan setiap orang di Aston Martin," tambahnya.

Mulainya produksi pertama ini berarti pelanggan pertama yang sudah memesan akan menerima mobil akhir bulan Juli di Erooa. Pada kuartal ketiga diperkirakan mobil sudah mengaspal di Amerika Serikat.

Produksi pertama Aston Martin DBXProduksi pertama Aston Martin DBX Foto: motor1

DBX generasi pertama ini hanya akan tersedia dengan mesin V8. Di Amerika Serikat mobil ini dihargai mulai dari USD 192.986 atau sekitar Rp 2,7 miliar berdasarkan nilai tukar hari ini. Setelah itu akan ada pilihan lain seperti mesin V6 Hyrbrid dan variam AMR V12. Opsi ini tentu lebih mahal dari versi standarnya.

"Ini adalah momen bersejarah bagi Aston Martin dan untuk Wales. Ini juga merupakan kemenangan besar bagi Pemerintah Welsh" kata Menteri Ekonomi, Transportasi, dan Wales Utara, Ken Skates dalam kesempatan itu.

SUV DBX ini digadang-gadang sebagai juru selamat atas terpuruknya performa penjualan Aston Martin. Sebagai spesialis sedan mewah atau mobil super, Aston Martin bukan yang pertama berimigrasi ke SUV. Sebelumnya sudah ada Lamborghini dengan Urus dan Ferrari akan segera menyusul juga.

Pandemi virus Corona menyebabkan Aston Martin menelan kerugian sebesar USD 146 juta atau sekitar Rp2,1 triliun di kuartal pertama tahun 2020. Setelah menerima suntikan dari Lawrence Stroll, Aston Martin memutuskan untuk fokus meluncurkan SUV pertamanya ini.



Simak Video "Lebih Intim dengan KIA Sonet, SUV dengan 6 Tipe & 2 Opsi Transmisi"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com