Senin, 06 Jul 2020 19:56 WIB

Hanya Ada 25 Unit, Mobil James Bond Dijual Rp 50 M

Rizki Pratama - detikOto
Aston Martin membuat 25 replika mobil James Bond untuk dijual Foto: carbuzz
Jakarta -

Tahun lalu Aston Martin memulai pembuatan mobil DB5 Goldfinger Continuation. Mobil ini dibangun untuk merayakan kerjasama yang lama antara pabrikan dengan franchise James Bond.

Hari ini mobil itu telah rampung dan melakukan penampilan publik perdananya. Mobil yang sudah rampung ini merupakan pesanan konsumen pertama. Rencananya Aston Martin hanya akan menerima 25 unit pesanan mobil agen rahasia ini. Satu unit mobil ini memakan waktu hingga 4.500 jam proses produksi.

Ini merupakan model paling populer yang menjadi kendaraan James Bond di layar lebar. Dalam rentang tahun 1963-1965 ada 900 unit tiruan mobil ini dibuat. Akan tetapi semuanya hanya mobil biasa.

Aston Martin membuat 25 replika mobil James Bond untuk dijualAston Martin membuat 25 replika mobil James Bond untuk dijual Foto: carbuzz

Mobil James Bond buatan Aston Martin kali ini benar-benar menawarkan berbagai fungsi layaknya sang agen di dalam film. Fitur-fitur ini dikerjakan bersama dengan dukungan ahli spesial efek dunia perfilman.

"DB5 tanpa diragukan adalah mobil paling terkenal di dunia berdasarkan hubungannya selama lebih dari 50 tahun dengan James Bond," kata Chief Creative Officer Aston Martin Lagonda, Marek Reichman.

Fitur eksterior termasuk tempat plat nomor yang bisa berputar, asap pengelabu sistem pengiriman tumpahan oli, pelindung belakang yang tahan peluru, lengan penghancur depan dan belakang, pemecah ban, dan tentu saja, "senapan mesin" kembar di depan. Bahkan ada panel atap yang bisa dilepas di mana kursi dapat dilontarkan. Untuk fitur persenjataan hanya replika sehingga tidak akan membahayakan.

Aston Martin membuat 25 replika mobil James Bond untuk dijualAston Martin membuat 25 replika mobil James Bond untuk dijual Foto: carbuzz

Di dalam kabin akan menemukan interior yang identik dengan mobil film aslinya. Sebagai permulaan, ada sandaran tangan yang menyembunyikan switchgear, peta pelacak, telepon yang terletak di pintu pengemudi, tombol kenop, baki penyimpanan senjata di bawah kursi, dan remote control untuk mengaktifkan gadget.

Semua mobil DB5 Goldfinger Continuation dicat Silver Birch seperti aslinya yang mana panel bodinya berlapis aluminium.

Di bawah kapnya terdapat sebuah mesin enam silinder 4.0 liter yang menghasilkan total 290 tenaga kuda. Tenaga ini dialiri ke transmisi manual lima percepatan dari ZF ke penggerak roda belakang.

Aston Martin membuat 25 replika mobil James Bond untuk dijualAston Martin membuat 25 replika mobil James Bond untuk dijual Foto: carbuzz

Meskipun gandar belakang memiliki diferensial slip, mobil ini sayangnya tidak legal di jalan. Fitur mekanis lainnya termasuk rem cakram baja, kemudi rack, pengaturan suspensi pegas dan peredam dengan bar anti-roll.

"Mobil pelanggan pertama selesai, dan menyadari bahwa ini adalah DB5 pertama yang kami bangun dalam lebih dari setengah abad, benar-benar suatu momen. Ini adalah hak istimewa dan tanggung jawab yang besar untuk terlibat dalam pembuatan DB5 baru ini. Saya benar-benar yakin bahwa 25 pemilik beruntung dan mulai menerima pengiriman mobil-mobil ini akan senang," tambahnya.

Aston Martin menambahkan 25 pelanggan akan mendapatkan mobilnya sebelum akhir tahun 2020. Harga mobil ini pun bukan main, satu unitnya dijual apabila pembeli mau merogoh kocek sedalam USD 3,5 juta atau Rp 50 miliar.



Simak Video "Billie Eilish Musisi Termuda yang Nyanyikan Lagu James Bond"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/lua)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com