Kamis, 09 Jul 2020 17:24 WIB

Indonesia Juga Mau Suntik Mati Honda Civic?

Rizki Pratama - detikOto
Honda Civic TCR tampil berbeda di GIIAS 2018. Mobil tersebut dikawal wanita-wanita cantik Indonesia. Honda Civic Type R. (Ari Saputra/detikOto)
Jakarta -

Salah satu model legendaris Honda Civic direncanakan tak akan dipasarkan lagi di kampung halamannya, yakni Jepang. Di sana popularitas Honda Civic terus memudar dan penjualannya ikut menurun.

Di Indonesia Honda Civic memang bukan volume maker juga bagi PT Honda Prospect Motor (HPM). Namun, keputusan untuk tak lagi menawarkan Honda Civic di Indonesia belum ada dalam rencana.

"Belum ada planing menyetop Civic di Indonesia," ungkap Business Innovation and Marketing & Sales Director PT Honda Prospect Motor Yusak Billy melalui konferensi pers virtual, Kamis (10/7/2020).

Pada waktu sebelum virus Corona menyebar di Indonesia, Billy mengaku cukup puas dengan penjualan Civic. Di saat normal setiap bulan mobil ini terjual 200-an unit per bulan.

"Jadi kalau mobil itu eksis tergantung tempat masing-masing kalalu demand sudah tidak ada mungkin. Tapi di Indonesia masih bagus sebelum pandemi sedan 120-140 sebulan untuk hatchback 100-120 jadi masih 200-an sebulan," terang Billy.

Penjualan Honda Civic di Jepang memang terbilang buruk di mana negara itu adalah tanah kelahirannya sendiri. Pada tahun fiskal terakhir, Honda Civic hanya terjual sebanyak 1.619 unit yang mana kalah banyak jika dibandingkan dengan rata-rata penjualan Civic di Indonesia.

Tidak hanya mengakhiri penjualan, Jepang juga tidak akan lagi memproduksi Civic. Sementara itu pabrik Civic di Inggris akan ditutup tahun 2021 bersama dengan pabriknya di Turki.

Belum ada kepastian apakah Civic generasi ke-10 ini akan dimatikan di seluruh dunia. Honda tentu masih banyak jaringan produksi yang dapat melayani permintaan Civic yang masih banyak.



Simak Video "Tampang dan Fitur Baru di Honda CBR250RR"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com