Kamis, 09 Jul 2020 07:17 WIB

Alat Ini Ubah Sepeda Manual Jadi Bertenaga Listrik

M Luthfi Andika - detikOto
Alat yang menjadikan sepeda biasa menjadi sepeda listrik dengan menggunakan Micro Hub. Atau Modifikasi sepeda normal menjadi sepeda listrik. Ilustrasi sepeda listrik Foto: Pool (Instagram ebike goes on)
Jakarta -

Selain sepeda manual atau konvensional, tidak dipungkiri saat ini banyak juga orang yang ingin memiliki sepeda listrik. Sepeda listrik masih menawarkan fungsi utama sebuah sepeda yakni digowes. Namun sepeda listrik bisa memberi bantuan saat kita kelelahan, tanpa mengeluarkan tenaga masih bisa tetap melaju.

Meski begitu tidak sedikit pesepeda yang mengurungkan niatnya untuk membeli sepeda listrik lantaran sudah terlanjur memiliki sepeda manual. Akhirnya pilihan untuk memodifikasi menjadi sepeda listrik kerap dilakukan. Ternyata mengubah sepeda konvensional menjadi sepeda listrik terbilang tak sulit, selain itu alatnya tidak terlalu besar, dan mudah dipasang.

"Kalau di saya itu ada dua macam jenis alat yang bisa mengubah sepeda biasa menjadi sepeda listrik, yaitu Fiction Drive dan Micro Hub," kata Alfred Andreas dari Goes-on Bosbattery.

Alfred menjelaskan untuk bisa menerapkan sistem listrik pada sepeda manual atau konvensional terbilang sangat mudah. "Untuk mesin sepeda listrik yang Friction Drive cara masangnya, pertama harus menyediakan sepeda-nya nanti tinggal kita pasangin alat converter-nya," canda Alfred sambil tertawa.

[Gambas:Instagram]


"Untuk Friction Drive sistemnya itu dia langsung pasang pada bottom braket yang menyentuh permukaan ban. Jadi alat ini mendapat gesekan ban sehingga tercipta triksi dengan ban," tambahnya.

Sedangkan untuk yang Micro hub, lanjut Alfred. Merupakan sistem listrik dalam bentuk tromol. "Kedua power kit motor hub. Ini tipe tromol, karena ini sistem tromol maka bisa dipakai pada bagian depan atau belakang. Itu tinggal pasang doang, dan harus dipasang juga jari-jari dan rakit sepedanya," ucap Alfred.

"Intinya kedua alat ini hanya memiliki berat di bawah 3 kg sudah termasuk baterai dan yang paling penting baterai ini kecil, ringan, efisien dan tidak mengubah seni bersepeda," tutup Alfred.

Alat yang menjadikan sepeda biasa menjadi sepeda listrik dengan menggunakan Micro Hub.Alat yang menjadikan sepeda biasa menjadi sepeda listrik dengan menggunakan Micro Hub. Foto: Pool (Instagram ebike goes on)


Simak Video "Canggih! Kakek di Bekasi Ciptakan Sepeda Listrik Sendiri"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com