Kamis, 02 Jul 2020 19:52 WIB

Egois, Pengemudi Mobil Ini Tak Kasih Jalan untuk Ambulans

Rizki Pratama - detikOto
Sebuah mobil enggan membiarkan ambulans menyalip Ambulans tak dikasih jalan. Foto: Instagram: @dashcam_owners_indonesia
Jakarta -

Dalam keadaan darurat ada beberapa kendaraan yang harus diberikan prioritas jalan seperti ambulans. Pengguna jalan lain biasanya menurunkan kecepatan hingga menepi untuk memberikan akses pada ambulans.

Akan tetapi masih ada orang yang tega tidak memberikan jalan pada ambulans. Hal ini terlihat dalam sebuah rekaman video dashcam yang diunggah akun instagram @dashcam_owners_indonesia.

"Mengenai pasal 134 nomor 22 tahun 2009 tentang kendaraan prioritas,mohon kepada bapa bapa ibu ibu yang lagi mengendarai baik sepeda motor/ mobil, jika ada mobil emergency seperti damkar dan ambulan lebih baik menepi sebentar. Masih banyak manusia yg tidak sadar akan pentingnya kendaraan prioritas. Banyak kasus dimana pengendara R2/R4 yg enggan untuk menepi, padahal ambulans membutuhkan waktu yg cepat untuk sampai ke tempat tujuan," tulis keterangan video tersebut.

Video tersebut terekam dari dua sudut pandang. Pertama dari pengendara motor yang ada di belakang ambulans dan kedua dari mobil ambulansnya sendiri.

Dalam video terlihat mobil putih yang dapat diidentifikasikan berupa Toyota Calya malah memacu kecepatannya. Padahal ambulans sudah menyalakan sirine dan berusaha untuk menyalip.

Ambulans berhasil mendahului setelah hampir menabrak mobil dari arah lain saat akan menyalip. Ambulans terpaksa mengambil manuver ke kiri yang mana membuat pengemudi Calya akhirnya melambat dan menepi juga.

Seperti yang dituliskan dalam keterangan video di atas, mobil tersebut sudah melanggar UU nomor 22 tahun 2009 pasal 134 tentang lalu lintas dan angkutan jalan. Dalam UU tersebut denda jika menghalangi kendaraan prioritas adalah pidana kurungan paling lama 1 bulan atau denda paling banyak Rp 250.000.

[Gambas:Instagram]





Simak Video " Inggris Uji Coba Layanan Ambulans 'Iron Man'"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com