Senin, 15 Jun 2020 13:18 WIB

Perpanjang STNK 5 Tahunan Cepat Kok, Tak Sampai Sejam!

Ardhi Suryadhi - detikOto
Perpanjang Pajak Kendaraan di mall samsat keliling. dikhy sasra/ilustrasi/detikfoto Mengurus perpanjangan STNK 5 tahunan tak sampai 1 jam. Foto: Dikhy Sasra
Jakarta -

Di awal penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi minggu lalu, banyak orang berbondong-bondong untuk mengurus perpanjang SIM dan STNK. Alhasil, antrean pun mengular panjang tak karuan.

Namun tenang, kini antrean menumpuk itu mulai terurai. Pengalaman langsung detikcom di kantor Samsat yang berlokasi Polda Metro Jaya, mengurus perpanjang STNK 5 tahun secara total tak sampai satu jam.

Di awal hendak masuk ke parkiran Polda Metro Jaya, petugas sudah sigap berjaga sekaligus bisa jadi tempat warga untuk bertanya-tanya. "Pak, kalau mau perpanjang STNK ke mana?" tanya detikcom ke petugas.

"Langsung saja ke belakang gedung ini untuk gesek (nomor rangka dan nomor mesin) dulu. Ini lurus saja, nanti belok kanan, nanti ada petunjuknya," jawab si petugas.

detikcom pun kemudian mengikuti arahan si petugas untuk langsung bagian gesek nomor rangka dan mesin. Di area gesek terlihat mobil dan motor berjejer untuk antre.

Di sini sudah ada petugas yang siap menggesek. Jadi jangan khawatir jika Anda tak tahu lokasi nomor rangka dan mesin kendaraan Anda. Sebab ini sudah jadi 'mainan sehari-hari' para petugas tersebut. "Sudah hafal lah mas semua merek dan tipe mobil, lah udah sehari-hari gesek," ujar si petugas.

Setelah itu, berkas yang tadi digesek dimasukkan ke loket pendaftaran. Namun sebelumnya, Anda mesti parkir kendaraan dulu. Untuk mobil, direkomendasikan ke gedung parkir mobil yang disediakan. Memang di lantai-lantai bawah itu parkiran terlihat penuh, namun coba Anda pilih ke bagian rooftop, parkirannya lebih sepi.

Balik lagi ke loket pendaftaran di dekat lokasi gesek pun tak lama menunggunya. Kemudian lanjut masuk ke dalam gedung setelah melalui prosedur new normal, yaitu cuci tangan dan melalui bilik disinfektan.

Anda harus daftar lagi, dengan cara input via komputer yang disediakan dan langsung di-print. Lalu taruh di loket pendaftaran, dan langsung geser lagi untuk melakukan pembayaran. Pembayaran bisa dilakukan lewat tunai ataupun non-tunai (kartu debet).

Selanjutnya, menunggu sekitar 10-15 menit dan STNK baru pun keluar. Kemudian, Anda tinggal mengambil pelat nomor baru untuk perpanjang STNK 5 tahunan.

Lokasi workshop pelat nomor ini ada di luar gedung, tinggal belok kiri usai pintu keluar. Anda hanya perlu berikan fotokopi ke loket di workshop. Dan tak sampai 5 menit pelat nomor baru kendaraan Anda pun sudah jadi, tanpa perlu biaya tambahan.

Tentu saja dibandingkan awal-awal PSBB di masa transisi minggu lalu pengurusan perpanjangan STNK ini terbilang cepat. Total tak sampai satu jam, dan tanpa antrean mengular panjang.



Simak Video "Polri Masih Tutup Pelayanan SIM-STNK Sampai 29 Juni"
[Gambas:Video 20detik]
(ash/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com