Senin, 15 Jun 2020 11:51 WIB

Mirip Drone, Mitsubishi Bakal Buat Kapal Feri Tanpa Awak

Luthfi Anshori - detikOto
Ilustrasi kapal laut tanpa awak buatan Mitsubishi Ilustrasi kapal laut tanpa awak buatan Mitsubishi.Foto: Response
Jakarta -

Kendaraan dengan teknologi tanpa awak (drone) saat ini lazim ditemui pada transportasi pesawat terbang. Namun ke depan, teknologi tanpa awak ini juga bakal merambah ke sektor transportasi laut. Terkini, Mitsubishi bersama sejumlah perusahaan Jepang sedang mengembangkan kapal feri dengan teknologi tanpa awak.

Dikutip dari Response, Mitsubishi Shipbuilding Co., Ltd. dari Mitsubishi Heavy Industries Group, terpilih menjadi salah satu perusahaan yang tergabung dengan Shin Nihonkai Ferry, untuk program pengembangan teknis proyek percontohan kapal laut tanpa awak. Proyek ini mendapat dukungan dana dari Nippon Foundation.

Di masa depan, Mitsubishi Shipbuilding akan mengembangkan sistem dan teknologi yang memungkinkan operasional kapal laut tanpa awak. Sebagai langkah uji coba, kapal tanpa awak ini terlebih dahulu akan dites di rute domestik.

Dalam uji coba ini, Mitsubishi Shipbuilding diberi mandat untuk mengembangkan dan memasang sistem baru pada kapal feri ukuran besar dan berkecepatan tinggi, yang dibangun di galangan Mitsubishi Heavy Industries Nagasaki Shipyard.

Mitsubishi akan menyuplai teknologi kontrol jarak jauh yang akan diaplikasikan ke ruang mesin kapal. Sementara untuk dukungan terkait teknologi tanpa awak, akan dilakukan bersama dengan perguruan tinggi dan perusahaan bidang IT.

Sejak 1990-an, Mitsubishi Shipbuilding telah mengembangkan sistem otomasi kapal untuk dukungan navigasi dan dukungan operasional kapal kargo.

Uji coba kapal tanpa awak ini akan dilakukan dalam rentang waktu satu tahun. Mulai akhir Juni 2021 hingga Mei 2022.



Simak Video "Meriahnya Kontes Drone, Malang"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com