Kamis, 11 Jun 2020 12:51 WIB

Praktis, Skuter Ini Bisa Kembang-Kempis Seperti Kasur Angin

Rizki Pratama - detikOto
Portable and Inflatable Mobility Skuter angin prakits dan ringkas. Foto: Dezeen/Youtube
Jakarta -

Inovasi akan teknologi mobilitas manusia seakan tak pernah berhenti berkembang. Salah satu inovasi yang selalu diharapkan oleh manusia adalah kepraktisan dan kemudahan.

Kepraktisan itu tampaknya tepat disematkan pada skuter yang bisa diisi udara seperti sebuah balon ini. Skuter ini perlu dikembangkan dengan angin untuk digunakan. Sebaliknya, untuk disimpan dapat dikempiskan hingga muat di dalam tas punggung.

Dinamai Poimo yang merupakan singkatan dari Portable and Inflatable Mobility, ide ini ditemukan dan dikembangkan oleh sekelompok mahasiswa di University of Tokyo, Jepang. Bahan utama skuter ini jelas bukan metal, melainkan thermoplastic polyurethane (TPU) atau bahan yang biasa digunakan untuk membuat kasur angin.

Skuter seberat 5,5 kg ini terdiri dari setang bersama komponen steering, baterai, ban, body yang bisa mengembang, dan katup untuk mengisi udara tentunya. Butuh waktu sekitar 5 menit dari kondisi kempis hingga mengembang agar siap dikendarai.

Ukuran dan bobotnya yang kecil sudah jelas skuter ini tidak ditujukan untuk mengarungi jalan raya. Skuter ini cocok digunakan sebagai alternatif bagi orang yang tidak ingin berjalan kaki dalam area kecil, seperti di dalam mall, sekitar kampus, perkantoran, dan lain-lain.

Poimo hanya dapat dinaiki oleh satu orang dengan berat badan tidak lebih dari 80 kg. Tentunya Poimo sudah diuji kestabliannya untuk dikendarai dan melakukan manuver ringan. Selain itu skuter yang empuk ini lebih aman juga untuk orang sekitar apabila tidak sengaja tertabrak.

Poimo masih menjadi konsep dan mungkin akan dikembangkan lebih baik lagi menjadi skuter masa depan. Selain skuter, mahasiswa-mahasiswa dari University of Tokyo ini juga mengembangkan kendaraan berbahan sejenis dengan model berbeda.

[Gambas:Youtube]






Simak Video "Awas! Polisi Akan Tilang Pengguna Skuter Listrik di Jalan Raya-Trotoar"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com