Selasa, 09 Jun 2020 17:12 WIB

Menhub Tambah Kapasitas Angkutan Umum, Bisa Angkut 70-85% Penumpang

Doni Wahyudi - detikOto
Penumpang menaiki bus TransJakarta di Jakarta, Jumat (10/4/2020). Pemprov DKI Jakarta membatasi jumlah penumpang dan jam operasional angkutan umum dalam penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang dimulai pada 10 April 2020 untuk pencegahan penyebaran COVID-19. ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/pras. Angkutan umum kini bisa mengangkut 70-85% penumpang dari total kapasitas angkutnya. (Aprillio Akbar/Antara Foto)
Jakarta -

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi resmi menghapus ketentuan batas penumpang 50% pada operasional angkutan umum. Sebagai gantinya, ada aturan baru soal daya tampung kendaraan yang besarnya 70-85%.

Peraturan Menteri Perhubungan No 18 Tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi dalam Rangka Pencegahan Penyebaran COVID-19 sebelumnya menyebut angkutan umum dan mobil pribadi hanya diizinkan mengangkut penumpang sebanyak 50% dari kapasitas.

Namun hari ini Menhub merilis Surat Edaran No SE 11 Tahun 2020 yang mengatur pedoman dan petunjuk teknis penyelenggaraan transportasi darat pada masa adaptasi kebiasaan baru untuk mencegah penyebaran virus Corona (COVID-19). Di dalamnya dijelaskan kapasitas maksimal yang bisa ditampung oleh angkutan umum (lintas negara, antarkota antarprovinsi, antarkota, antarprovinsi, dan angkutan pariwisata).



Menhub melonggarkan jumlah daya tampung angkutan umum menjadi 70-85%. Angkanya tergantung pada fase-fase (ada 3 fase) yang ditetapkan. Juga berdasarkan zona masing-masing daerah terkait penyebaran virus Corona (merah, oranye, kuning, hijau).

Untuk zona merah, seluruh angkutan dilarang beroperasi sepanjang tiga periode yang ditetapkan.

Sementara itu, di zona oranye, kuning, dan hijau, angkutan umum diizinkan mengangkut hingga 70% penumpang pada fase I dan fase II. Untuk fase III, kendaraan di zona tersebut bisa memenuhi armadanya sampai 85%.



Berikut bagan aturan daya angkut penumpang angkutan umum pada 3 fase dan 4 zona berbeda.

Aturan Angkutan umum di transisi PSBBAturan Angkutan umum di transisi PSBB Foto: tangkapan gambar (dephub.go.id)


Simak Video "PSBB Transisi Jakarta Diperpanjang hingga 27 Agustus"
[Gambas:Video 20detik]
(din/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com