Jembatan Golden Gate Keluarkan Suara Misterius Menyeramkan

Doni Wahyudi - detikOto
Senin, 08 Jun 2020 09:04 WIB
Kota San Francisco dan Golden Gate
Jembatan Golden Gate mengeluarkan suara menyermkan (Maikel Jefriando/detikTravel)
Jakarta -

Beberapa hari terakhir warga San Francisco mendengar suara dengung dengan volume sangat besar yang terasa menyeramkan. Belakangan diketahui suara misterius itu datang dari jembatan Golden Gate.

Melalui media sosial, banyak warga San Francisco, terutama di wilayah Bay Arena, memposting video di sekitar rumah mereka saat terdengar suara dengung kencang. Suara misterius bernada tinggi itu terdengar sampai radius beberapa kilometer.

Tak pernah sebelumnya warga San Francisco mendengar bunyi serupa."Adakah yang bisa menjelaskan pada saya suara menyeramkan apa ini yang sudah berlangsung selama satu jam di San Francisco," kicau seorang warga yang tinggal di Presidio.





Pertanyaan banyak warga San Francisco itu kemudian terjawab. Suara tersebut ternyata datang dari jembatan ikonik mereka, Golden Gate.

Dikutip dari Jalopnik, suara tersebut ternyata muncul akibat railing (pagar pembatas jalan) yang baru dipasang oleh pemerintah setempat di jembatan tersebut. Saat angin bertiup cukup kencang, pilar-pilar railing menghasilkan bunyi dengan nada tinggi yang terdengar mengganggu dan tersebar sampai jauh.



Beberapa pihak menduga insinyur yang mendesain railing tersebut luput mempertimbangkan dampak suara yang muncul saat angin bertiup melewati. Suara tersebut terdengar makin kencang dan begitu bising terlebih saat menyeberangi jembatan sepanjang 2,7 km itu.

Meski mengeluarkan suara besar yang sangat mengganggu, pengelola Jembatan Golden Gate menyatakan tidak akan melepas atau mengganti railing yang sudah terpasang.



Jembatan Golden Gate merupakan salah satu jembatan paling kesohor di dunia. Mulai dibangun pada 1933 dan mulai digunakan sejak 1937, jembatan ini rata-rata dilalui 110.000 kendaraan setiap hari.



Simak Video "Anti Mainstream! Lamborghini Siapkan Pesiar Rp 50 M untuk Para Sultan"
[Gambas:Video 20detik]
(din/rgr)