Jumat, 05 Jun 2020 09:41 WIB

Cuma Tank ini yang Legal Dipakai Orang Biasa di Jalan Raya

Rizki Pratama - detikOto
Tank ini dapat disewakan untuk berbagai kebutuhan Tank ini legal dipakai di jalan raya. Foto: autoevolution
Jakarta -

Kendaraan militer seperti tank tidak bisa dikendarai di tempat, waktu dan orang yang sembarangan. Ukurannya yang besar serta berbagai senjata berbahaya merupakan ancaman atau gangguan bagi pengendara lain. Oleh karena itu kendaraan militer tak masuk dalam kategori legal di sebagian besar aturan lalu lintas sebuah negara.

Menariknya ada satu tank di dunia ini yang dapat dikendarai secara legal di jalan raya. Bukan karena pemiliknya orang berkuasa yang kebal hukum, melainkan tank ini memenuhi standar legal kendaraan di jalan raya setelah mengalami modifikasi.

Sebelum menjelaskan bagaimana sebuah tank bisa disewakan dan legal di jalan mari bahas dari mana asalnya kendaraan militer ini. Pemiliknya adalah Nick Mead yang memang memiliki perusahaan rental serta jasa perbaikan dan restorasi kendaraan.

Ide menyewakan tank ini muncul setelah ia tidak sengaja membeli dua tank bekas di situs online dan ada orang yang mau membayar Nick apabila tanknya itu bisa dipinjam. Dari sana Mead pun mencari cara bagaimana tank ini dapat disewakan untuk berbagai kebutuhan orang mulai dari pesta dansa, perayaan agama, ulang tahun anak, pesta pernikahan, hingga upacara pemakaman.

Tank ini dapat disewakan untuk berbagai kebutuhanTank ini dapat disewakan untuk berbagai kebutuhan Foto: autoevolution

"Bisa untuk pesta anak, pesta ulang tahun, pesta dansa, dan lain-lain. Bahkan kita juga bisa menyewakan untuk upacara pemakaman," ungkap Nick.

Seperti disebutkan di atas, tank ini adalah satu-satunya yang ada di dunia. Belum ada catatan yang menyatakan ada tank lain yang dapat digunakan di jalan raya secara legal.

Setelah mengenal asal usul tank yang disewakan tadi mari mengupas bagaimana kendaraan perang ini dapat beroperasi bebas di jalan. Dua tank yang bersatu itu merupakan bekas tank FV432 APC dan FV432 Dual Turret.

Tank ini dapat disewakan untuk berbagai kebutuhanTank ini dapat disewakan untuk berbagai kebutuhan Foto: autoevolution

Tujuan utama menggabungkan dua tank ini supaya kapasitas penumpangnya lebih luas. Selain kapasitasnya yang lebih besar, dua tank yang disatukan ini mampu melakukan manuver dari depan dan belakang. Tank ini memiliki panjang 6,7 meter dan lebar 2,4 meter dengan berat sekitar 17,5 ton.

Lantas apa yang membuat tank ini legal? Berdasarkan aturan jalan di Inggris, sabuk penggerak yang melapisi roda diganti dengan bahan karet. Spesifikasi militer yang ditiadakan adalah berbagai instrumen persenjataan kecuali kaca anti peluru masih terpasang.

Untuk performanya tank ini dapat melaju dengan kecepatan 65 kpj. Kemampuan itu berasal dari mesin Rolls-Royce K60 2 tak enam silinder yang mampu menghasilkan 240 hp. Mesin itu dikombinasikan dengan transmisi semi otomatis TX-200-4A.

Tank ini dibuat oleh Nick dengan biaya mencapai USD 62.900 atau sekitar Rp 891 juta. Sementara itu jika ingin menyicipinya untuk berjalan-berjalan dapat disewa dengan biaya Rp USD 2.000 atau Rp 28 juta. Fasilitas yang didapat di dalam kabinnya antara lain kapasitas penumpang hingga 10 orang, layar TV, dan berbagai fitur mewah standar limosin.



Simak Video "Bikin Septic Tank, Pria Paruh Baya Tewas Tertimbun Longsor"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com