Selasa, 28 Apr 2020 15:32 WIB

Bukan Toyota Prius, Ini Mobil Hybrid Pertama di Dunia

Luthfi Anshori - detikOto
Mobil hybrid pertama di dunia dibuat oleh Porsche Mobil hybrid pertama di dunia dibuat oleh Porsche.Foto: Auto Evolution
Jakarta -

Popularitas mobil hybrid menanjak dalam beberapa tahun belakangan, seturut menguatnya isu lingkungan. Toyota Prius dianggap sebagai pionir kendaraan hybrid yang melakukan pengembangan sejak tahun 1990-an. Namun sejarah mobil ramah lingkungan ini ternyata jauh lebih tua.

Dikutip dari Auto Evolution, sejarah mobil hybrid telah berusia lebih dari 100 tahun. Mobil konsep dengan kombinasi mesin pembakaran dalam dengan generator listrik kali pertama diperkenalkan oleh insinyur otomotif jenius, Ferdinand Porsche.

Mobil hybrid Porsche dipamerkan di Paris World Fair pada tahun 1900. Mobil ini menggunakan hub roda yang dikenal dengan sistem Lohner-Porsche Mixte. Untuk menyuplai daya listrik ke sistem generator, digunakanlah mesin pembakaran dalam. Tak hanya itu, paket baterai juga disertakan dalam mobil ini. Jadilah Porsche memiliki kendaraan hybrid pertama di dunia.

Sejak saat itu, sistem hybrid Porsche telah digunakan di lebih dari 300 kendaraan. Dari bus hingga truk pemadam kebakaran. Tak lama berselang, perusahaan asal Belgia, Pieper, juga turut mengembangkan dan memproduksi massal kendaraan hybrid pada rentang 1906-1912.

Selanjutnya pengembangan kendaraan hybrid juga dilakukan oleh Woods Motor Vehicle. Pada 1915, perusahaan asal AS ini memperkenalkan Dual Power Model, yakni mobil hybrid bertenaga listrik dikombinasi mesin pembakaran dalam empat silinder. Hingga 1918, merek ini membuat lebih dari 600 unit mobil hybrid.

Pengembangan mobil hybrid sempat terhenti menyusul terjadinya bonanza minyak pada 1930-1950, yang diikuti dengan penemuan ladang minyak baru pada tahun 1960-an. Mobil hybrid tenggelam dan mobil berbahan bakar minyak mengambil alih.

Kendati demikian, di periode tersebut sempat muncul beberapa kendaraan berbasis hybrid, seperti GM 512 dan Mercedes-Benz OE 302 pada 1969. Di tahun 1976, Toyota mengembangkan konsep hybrid pertamanya pada mobil sport kompak, yang menampilkan generator turbin gas sebagai pemasok arus ke motor listrik.

Setelah periode 1990-an, saat produksi minyak tidak lagi banyak dan penemuan ladang minyak baru semakin menipis, dan isu lingkungan akibat emisi mobil minyak, mobil hybrid kembali dilirik produsen mobil.

Salah satu pionirnya adalah produsen Jepang, Toyota yang mengeluarkan mobil hybrid produksi massal pertama di dunia pada tahun 1997 yakni Toyota Prius, yang kemudian diikuti oleh produsen mobil lain di dunia.



Simak Video "Ini Mobil yang Bakal Dibeli Sri Mulyani Usai Pensiun Jadi Menteri"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com