Rabu, 01 Apr 2020 05:23 WIB

Daerah Mulai Lakukan Karantina, Ini Tanggapan Yamaha Indonesia

M Luthfi Andika - detikOto
Logo Yamaha Yamaha Motor Foto: Dadan Kuswaraharja/detik.com
Jakarta -

Pro dan kontra karantina wilayah akibat pandemi virus corona hangat dibicarakan. Hal itu wajar saja, karena memang langkah ini bisa mengganggu beberapa sektor. Tapi apa pendapat Yamaha Indonesia ya?

Manager Public Relation PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Antonius Widiantoro, menjelaskan ke detik.com, apa pun langkah pemerintah pastinya sudah dipertimbangkan dengan matang.

"Terkait lockdown, sampai sekarang kan opsi itu belum diambil pemerintah secara nasional. Walau pun di beberapa daerah sudah melakukan pembatasan. Yang saya tahu kebijakan yang diambil adalah Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB)," ujar Anton.

Anton memastikan akan mendukung semua keputusan pemerintah. "Jadi apapun keputusan yang diambil pemerintah. Kami pasti akan memahami dan mendukung. Karena pasti sudah diperhitungkan dengan matang, dampak dan risikonya. Dan lebih mengutamakan, sisi keamanan dan kesehatan bersama dibandingkan yang lain," jawab Anton.

Gubernur DKI Anies Baswedan mengusulkan karantina wilayah Jakarta kepada pemerintah pusat. Namun Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengambil jalan berbeda.

Usulan Anies itu disampaikan melalui surat yang disampaikan kepada pemerintah pusat. Adanya surat itu diungkapkan oleh Menko Polhukam Mahfud Md. Mahfud mengatakan surat itu tertulis tanggal 28 Maret dan diterima pada 29 Maret 2020.

"Ya, suratnya bernomor 143, tertanggal 28 Maret 2020, diterima tanggal 29 Maret 2020 sore," kata Mahfud melalui pesan singkat kepada detikcom, Senin (30/3/2020).

"Isinya minta pertimbangan pemberlakuan karantina wilayah. Itu saja dulu," lanjut Mahfud.

Anies mengatakan keputusan karantina wilayah merupakan kewenangan pemerintah pusat. Pemprov DKI, kata Anies, hanya mengusulkan.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com