Sabtu, 28 Mar 2020 15:23 WIB

Kreatif, Warga Tulungagung Bikin Gerbang Disinfektan Mobil untuk Tangkal Corona

Doni Wahyudi - detikOto
Gerbang Disinfektan (Foto: ANTARA FOTO/Destyan Sujarwoko) Warga Tulungagung Bikin Gerbang Disinfektan Mobil untuk Tangkal Corona
Jakarta -

Warga di salah satu perumahan di Tulungagung, Jawa Timur, berkreasi membuat gerbang disinfektan. Kreasi ini dilakukan demi menangkal penyebaran virus corona.

Gerbang disinfektan bikinan warga Perumahan Puri Jepun Permai II, Tulungagung ini sebenarnya lebih mirip pencucian mobil. Kendaraan atau orang yang akan masuk area perumahan akan disemprot menggunakan cairan disinfektan.

Gerbang ini berbentuk selayaknya lorong dengan ukuran panjang 5 meter, lebar 3 meter, dan tinggi 4 meter. Di sepanjang gerbang disinfektan tersebut sudah disiapkan pipa-pipa dengan 12 sprinkle spayer, sementara seluruh sisinya ditutup plastik transparan.

Kreatif, Warga Tulungagung Bikin Gerbang Disinfektan Mobil untuk Tangkal CoronaFoto: ANTARA FOTO/Destyan Sujarwoko



Setiap ada kendaraan atau orang melintas, gerbang sterilisasi tersebut akan bekerja. Dari sprinkle sprayer akan keluar uap air yang akan 'mencuci' siapapun yang melintas.

"Semua anjuran pemerintah dan protokol kesehatan dalam mencegah virus corona sudah kami lakukan. Mulai dari sterilisasi lingkungan, cuci tangan, hingga social distancing. Tapi ada tamu dari luar, sehingga pencegahan ada virus masuk dari tamu juga harus dilakukan," terang Ketua RT Permumahan Puri Jepun Permai II, Suwarno, dikutip dari Antara.

Pembuatan gerbang disinfektan itu diakui Suwarno terinspirasi oleh gerbang sterilisasi di perumahan modern. Warga akhirnya bersepakat membangun gerbang disinfektan tersebut. Biaya yang dihabiskan sekitar Rp 2 juta.



Simak Video "Bertambah 4.071, Kasus Covid-19 di Indonesia Mencapai 252.923"
[Gambas:Video 20detik]
(din/rip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com