Selasa, 17 Mar 2020 07:54 WIB

Dari IIMS sampai Acara Peluncuran Mobil Batal karena Corona

Rangga Rahadiansyah - detikOto
2 1. IIMS Ditunda
Halaman 2 dari 6
Suasana IIMS 2016 IIMS 2020 Ditunda. Foto: Dyandra Promosindo

Pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) resmi ditunda. Dyandra Promosindo sebagai penyelenggara IIMS 2020 memutuskan untuk menunda pagelaran otomotif tahunan tersebut.

IIMS 2020 awalnya direncanakan pada 9-19 April 2020 di JIEXpo Kemayoran, Jakarta. Namun, setelah mencermati hari demi hari penyebaran Covid-19 yang ditetapkan WHO sebagai "pandemik" yang makin meluas dan mengkhawatirkan masyarakat Indonesia, Dyandra Promosindo akhirnya memutuskan untuk menunda (postponed) pelaksanaan IIMS 2020 hingga situasi dianggap kondusif.

"Kepentingan kemanusiaan jauh lebih besar, dan IIMS berkeinginan kuat ikut berperan dan bekerja sama sebagai bangsa, demi pencegahan semakin meluasnya penyebaran pandemik Covid-19 bagi kesehatan dan keselamatan warga bangsa di masa kini dan akan datang," tulis Dyandra Promosindo dalam siaran pers yang diterima detikcom, Senin (16/3/2020).

Tak cuma IIMS yang diselenggarakan di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, IIMS regional di kota Makassar juga ditunda dengan pertimbangan yang sama. Awalnya, IIMS Makassar dijadwalkan pada 15-19 April 2020 di Celebes Convention Center (CCC).

"Semula kami optimis bahwa dampak pandemik Covid-19 akan berlahan-lahan menyurut. Bangsa kita perlu aktivitas bisnis, produk otomotif butuh berjualan, artisan dan komunitas otomotif perlu wadah berkumpul dan unjuk talenta. Namun perkembangan hari demi hari justru ke arah sebaliknya. Pasien terjangkit pandemik Covid-19 semakin bertambah, sekolah kini diliburkan, sejumlah tempat umum dan hiburan ditutup sementara, karyawan juga sudah banyak yang bekerja secara remote. Sehingga, bersama dengan pemerintah dan stakeholders lainnya, kami yakin penundaan adalah langkah terbaik dan bijak di saat sulit ini," ujar Hendra Noor Saleh, Presiden Direktur PT Dyandra Promosindo.

Dyandra Promosindo tidak menyebutkan jadwal pengganti IIMS 2020.

(rgr/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com