Selasa, 10 Mar 2020 11:31 WIB

Satu Lagi Pameran Otomotif yang Mundur karena Corona

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Jumlah korban jiwa imbas virus corona terus bertambah. Hingga hari ini, Rabu (19/2) korban tewas akibat virus itu mencapai lebih dari 2 ribu orang secara global Wabah virus corona membuat pameran otomotif diundur hingga dibatalkan. Foto: AP Photo
Jakarta -

Wabah virus corona telah menggagalkan pameran otomotif dunia. Setelah Geneva Motor Show 2020 yang batal dan pameran otomotif di Thailand yang diundur, kini giliran pameran otomotif di Filipina yang terdampak.

Penyelenggara Manila International Auto Show (MIAS) mengumumkan untuk menunda perhelatan pameran otomotif di Filipina tersebut demi mencegah penyebaran virus corona Covid-19.

"Niat di balik pernyataan (pengunduran waktu penyelenggaraan MIAS 2020) adalah untuk membantu mencegah penyebaran virus dan untuk memastikan keamanan terbaik dari semua pemangku kepentingan, peserta pameran, dan pengunjung kami," tulis Worldbex Services International, penyelenggara MIAS 2020 dalam unggahan di Facebook.

"Keputusan ini dibuat setelah pertimbangan yang luas dan hati-hati dari situasi saat ini di samping komitmen kami untuk bekerja sama dengan upaya pemerintah untuk menahan penyebaran COVID-19. Kami dengan rendah hati meminta pengertian Anda dalam masa-masa sulit ini," sebutnya.

Manila International Auto Show edisi 2020 pada awalnya dijadwalkan akan diadakan di World Trade Center Manila dan Philippine International Convention Center mulai 2 hingga 5 April 2020. Tak disebutkan tanggal pengganti penyelenggaraan pameran otomotif ini.

Sementara itu, pameran otomotif di Indonesia belum ada kabar pengunduran atau pembatalan. Terakhir, pameran kendaraan komersial Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2020 telah rampung diadakan pada 5-8 Maret 2020. Di tengah hebohnya virus corona, GIICOMVEC 2020 menarik total 10.359 pengunjung.

Sedangkan penyelenggara pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) menyatakan akan tetap melakukan persiapan jelang acara yang digelar pada 9-19 April 2020 mendatang.

"Dyandra Promosindo selaku penyelenggara Indonesia International Motor Show (IIMS) 2020, dengan tetap memantau perkembangan informasi setiap harinya, tetap mengadakan rangkaian persiapan acara jelang perhelatan pameran otomotif tahunan ini. Dyandra Promosindo menyatakan bahwa pameran IIMS 2020 akan tetap berjalan dengan meningkatkan kewaspadaan atas dasar keamanan, keselamatan, dan kesehatan sebagai faktor utama dengan mengikuti keputusan resmi dari pemerintah maupun pihak-pihak yang memiliki otoritas," tulis Dyandra Promosindo dalam pernyataan resminya.



Simak Video "Dievakuasi Petugas, Pasien Corona di Mamuju Disemangati Warga"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com