Senin, 02 Mar 2020 06:40 WIB

Saking Seretnya, Renault Sampai Jual Dealer

Rizki Pratama - detikOto
Renault Coleos generasi terbaru Renault jual delaernya untuk mengurangi pengeluaran Foto: Rachman Harianto
Jakarta -

Renault berencana untuk menjual beberapa dealer yang dimiliki perusahaan. Langkah ini diambil untuk melakukan program pemangkasan biaya pengeluaran dengan total 2 miliar Euro dalam jangka waktu 3 tahun ke depan.

Dalam siaran persnya minggu ini Renault menyatakan langkah tersebut sebagai bagian dalam merancang ulang penjualan ritelnya pada 2024. Setidaknya ada 10 dealer yang akan dijual Renault untuk memastikan keberlangsungan hidup serta pertumbuhan profitnya.

Selain itu pelepasan sejumlah dealer ini juga diyakini sebagai langkah awal memasuki era penjualan mobil secara online. Penjualan dealer ini dikatakan Renault tidak akan mengorbankan karyawannya. Sedangkan konsumen yang memiliki hubungan dengan dealer tersebut akan dijamin pelayanannya.

Tidak hanya dealer, Renault juga menjual gedung operational yang terletak di kawasan Paris.

Renault Retail Group, anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh Renault Group memiliki total 275 dealer dan 12.000 karyawan di 14 negara Eropa. Dealer ini memasarkan merek Renault, Dacia, dan Nissan. Di Prancis sendiri ada kurang lebih 94 jaringan dealer..

Renault mengatakan mereka adalah perusahaan distribusi otomotif terbesar kedua di Eropa dan berkontribusi atas 35 persen penjualan di Prancis dan 20 persen di seluruh Eropa.

Ketika Renault mengurangi bisnis penjualan ritel, pesaing Prancisnya, PSA Group mengumumkan pekan lalu bahwa mereka merekrut 1.300 karyawan untuk anak perusahaan ritel sendiri. PSA Retail beroperasi lebih dari 270 titik di 10 negara Eropa yang mempekerjakan 10 ribu karyawan.



Simak Video "Renault Bakal PHK 15.000 Pekerja, Terbanyak di Prancis!"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com