Rabu, 26 Feb 2020 12:41 WIB

Bukan Jakarta atau Bekasi, Tangsel Jadi Kota Pemilik Udara Terkotor di Indonesia

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Berbagai kendaraan pribadi dan niaga dilakukan uji emisi gratis di Tugu Proklamasi, Jakarta, Selasa (2/10). Kegiatan yang dilakukan 3 hari oleh swasta ini dikerjakan di beberapa titik seperti Senayan, Tugu Proklamasi dan Kelapa Gading. File/DtikFoto. Kendaraan bermotor menyumbang polusi udara. Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Di tahun 2019, beberapa kali Jakarta menempati posisi teratas kota dengan kualitas udara terburuk di dunia. Kendaraan bermotor dituding menjadi penyumbang terbesar polusi udara di kota Jakarta.

Namun, kalau dirata-ratakan setahun penuh, ternyata bukan Jakarta yang menjadi kota dengan udara terkotor di Indonesia. Dalam daftar kota dengan kualitas udara terburuk di dunia selama tahun 2019 yang dirilis IQAir, Jakarta menempati urutan ke-126 di dunia dan posisi 5 di Indonesia.

Di Indonesia, Tangerang Selatan mengisi posisi pertama kota paling berpolusi dengan rata-rata PM2.5 sebesar 81,3 µg/m³. Tangerang Selatan masuk daftar 30 besar kota dengan kualitas udara terburuk di dunia dengan menempati posisi 24.

Selain itu, ada juga Bekasi di posisi dua kota dengan kualitas udara terburuk di Indonesia. Tahun 2019, Bekasi menyumbang PM2.5 rata-rata sebesar 62,6 µg/m³ yang sekaligus menempatkan kota penyangga Ibu Kota ini mengisi posisi 45 dalam daftar kota dengan kualitas udara terburuk di dunia.

Posisi ketiga kota dengan kualitas udara terburuk di Indonesia adalah Pekanbaru dengan rata-rata PM2.5 sebesar 52,8 µg/m³. Kota ini menempati posisi ke-108 kota dengan kualitas udara terburuk di dunia.

Pontianak mengisi posisi empat kota dengan kualitas udara terburuk di Indonesia dengan rata-rata PM2.5 sebesar 49,7 µg/m³ yang sekaligus menempatkan Pontianak mengisi posisi 125 kota dengan kualitas udara terburuk di dunia.

Tahun lalu, udara Pekanbaru dan Pontianak sempat dikotori oleh bencana kebakaran hutan dan lahan.

Sementara itu, pada tahun 2019 udara Jakarta dikotori PM2.5 rata-rata sebesar 49,4 µg/m³. Lebih sedikit dibanding empat kota di atas.



Simak Video "Udara Jakarta Buruk, Anies Digugat ke PN Jakpus"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com