Selasa, 18 Feb 2020 07:03 WIB

Potensi Keuntungan dari Formula E Jakarta

Rizki Pratama - detikOto
BERLIN, GERMANY - MAY 25: In this handout from FIA Formula E -  Alexander Sims (GBR) BMW I Andretti Motorsports, BMW iFE.18 at Tempelhof Airport on May 25, 2019 in Berlin, Germany. (Photo by FIA Formula E/Handout/Getty Images) Formula E akan memberikan dampak positif pada perekonomian DKI Jakarta Foto: (Getty Images)
Jakarta -

Penyelenggaraan balap mobil listrik dunia Formula E mendapatkan sentimen negatif karena anggarannya dianggap terlalu besar. Meski begitu, masih ada sisi positif dari ekonomi khususnya di DKI Jakarta dalam Formula E 2020.

"Saya kira ini positif bagi Jakarta karena dampak ikutan dari kejuaraan yang bernilai Rp 1,2 triliun tersebut memiliki pengaruh bagi ekonomi Jakarta," kata Executive Director Institute for Development of Economics and Finance (INDEF), Tauhid Ahmad kepada detikcom melalui pesan singkat, Senin (17/2/2020).

Pemasukan utama yang tampak jelas dari Formula E di Jakarta ada pada sektor pariwisata. Para panitia, peserta dan penggemar Formula E yang datang ke Jakarta tentu tidak akan melewatkan kesempatannya berkunjung di sini tanpa menikmati wisatanya.

"Sektor pariwisata tentu saja yang pertama akan terkena dampaknya, khususnya dari penggemar formula E. Penggemar formula E yang diharapkan dari wisatawan asing ini diharapkan dapat membelanjakan uangnya di DKI Jakarta sehingga secara keseluruhan dapat berdampak pada berbagai pihak," jelas Tauhid.

Tidak hanya pihak swasta, pemerintah DKI Jakarta juga akan mendapatkan peningkatan pendapatan pajak dari hotel dan restoran selama rangkaian Formula E di Jakarta. "Pemda DKI juga akan mendapatkan pemasukan dari pajak hotel dan restoran serta makanan dan minuman yang berlangsung selama penyelenggaraan event tersebut," tambahnya.

Tidak hanya bisnis besar, bisnis kecil lainnya pun dapat memanfaatkan hajatan ini untuk memperoleh keuntungan. Perusahaan audiovisual, periklanan, transportasi, serta agen perjalanan wisata juga mendapat pengaruhnya.

"Pengusaha lokal juga dapat memanfaatkan moment tersebut, tidak hanya makanan dan minuman, tapi perusahaan audio visual, periklanan, transportasi dan perjalanan wisata juga akan ketiban rezeki," pungkasnya.



Simak Video "Jakpro Prediksi Keuntungan Formula E Mencapai Rp 500 M"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com