Senin, 17 Feb 2020 18:48 WIB

Mobil Anti Peluru Donald Trump Buka Balapan Nascar

Rizki Pratama - detikOto
The presidential limousine known as Mobil Presiden Amerika Serikat, The Beast Buka Nascar Daytona 500 Foto: AP Photo/Alex Brandon
Jakarta -

Ajang balap Nascar di sirkuit Daytona 500 dibuka oleh Presiden Amerika Serikat Donald Trump. Tidak hanya memberikan pidato sambutan, Trump juga menjajal sirkuit balapan tersebut dan bertindak sebagai Grand Marshall menggunakan mobil dinasnya The Beast.

Sekedar informasi, Grand Marshall merupakan orang yang ditunjuk oleh penyelenggara balapan untuk memimpin seremonial dengan memberikan instruksi seperti 'nyalakan mesin' dan lain-lain. Sebelum Trump, kewenangan ini juga pernah diemban oleh Presiden AS George W. Bush.

Seremonial itu dibuka dengan kedatangan Trump menggunakan Boeing 747-200B. Sebelum mendarat pesawat yang besar itu berputar terlebih dahulu di atas 100.000 pengunjung. Setelah itu Trump bersama istrinya turun di bandara terdekat untuk menuju ke sirkuit.

"Daytona 500 merupakan tempat legenda untuk deru mesin, semangat, keterampilan, kecepatan, dan kekuatan Amerika yang telah kita dengar selama bertahun-tahun," kata Trump dalam sambutannya itu.

"Penggemar Nascar tidak pernah melupakan bahwa siapa pun yang memenangkan perlombaan yang terpenting adalah Tuhan, keluarga, dan negara," tambahnya.

Setelah menyebutkan kalimat sakral 'start your engine,' The Beast pun masuk ke lintasan diikuti oleh 5 mobil SUV dan 40 mobil peserta balap Nascar.

Dilansir dari Autoevolution, Trump sempat berbincang dengan awak media usai pidatonya. Ia mengatakan bahwa ingin sekali melaju di lintasan dibalik kemudi karena tidak lagi diizinkan berkendara di jalan umum.

Setidaknya Trump dan Melania benar-benar berada di dalam The Beast memutari Sirkuit Daytona 500. Trump juga menepati janjinya beberapa waktu lalu untuk menggunakan The Beast di pembukaan Nascar Daytona 500.

The Beast merupakan modifikasi Cadillac One yang dilapisi anti peluru di bagian jendela dan pintunya. Di bagian jendela, ketebalan lapisan anti pelurunya mencapai 5 inchi, sedangkan yang terpasang di pintu tebalnya 8 inchi.

Bobotnya yang berat karena mengusung bodi seperti truk membuat 'The Beast' juga boros bahan bakar. Sang produsen juga telah membekali 'The Beast' dengan segala fitur yang memungkinkan mobil bisa melintas di huru-hara tanpa perlu untuk cemas.

Fitur keamanan pada 'The Beast' yang kini ditunggangi Donald Trump melekat hampir di seluruh bodi mobil. Fitur-fiturnya antara lain, ban kevlar, gas air mata, hingga kantung darah yang sesuai golongan darah sang presiden pun ada di dalam 'The Beast'.

Dengan segudang fitur keamanan itu tak heran jika 'The Beast' diperkirakan punya harga sekitar 1,2 juta Poundsterling atau setara Rp 20,5 miliar.



Simak Video "Trump Akan Cabut Lockdown di Perayaan Paskah, Apa Kata WHO?"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com