Jumat, 07 Feb 2020 16:25 WIB

Seharga Rp 120 Jutaan di India, Kwid Listrik Berpeluang Masuk ke RI

Luthfi Anshori - detikOto
Renault Kwid Electric Renault pertimbangkan bawa Kwid listrik ke Indonesia. (Cartoq)
Jakarta -

PT Maxindo Renault Indonesia (MRI) selaku agen pemegang merek Renault Indonesia siap membawa Kwid listrik ke Indonesia.

Seperti diberitakan sebelumnya, mobil listrik Kwid dengan nama Renault K-ZE baru saja diperkenalkan di India dalam ajang Auto Expo 2020. K-ZE sebelumnya sudah dipasarkan di China, mobil ini dibanderol dengan harga cukup terjangkau, CNY 61.800 atau sekitar Rp 120.900.000.

Chief Operating Officer (COO) MRI, Davy J Tuilan, mengatakan, terbuka lebar peluang bagi Renault untuk membawa dan memasukkan model Kwid listrik tersebut ke Tanah Air. MRI sendiri pernah memajang mobil listrik mungil Renault Twizy di pameran GIIAS 2019 lalu.

"Murah memang. Kwid listrik ini menarik. Kita akan pertimbangkan untuk memasukkannya," kata Davy, melalui sambungan kepada detikOto, Jumat (7/2/2020).

Tapi untuk memasukkan Renaukt Kwid listrik ke Indonesia, kemungkinan besar tidak dalam waktu dekat ini. Davy mengatakan perlu waktu antara 2 sampai 3 tahun lagi.

"Tapi kalau sebut tahun, kayaknya masih lama. Kalau di India dikatakan 2021 ya mungkin kita setahun, dua tahun setelah itu," lanjutnya lagi.

Selain menunggu Kwid listrik dijual resmi di India, Davy menambahkan, pihaknya masih menunggu aturan turunan dari Peraturan Presiden No. 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) untuk Transportasi Jalan.

"Kita tunggu regulasinya dikeluarkan, (kalau) juklak sama juknisnya sudah oke dan sudah di-apply, kita pertimbangkan bawa Kwid listrik," katanya lagi.

Sebagai informasi, Renault Kwid versi listrik yang mengusung nama K-ZE diklaim bisa menempuh jarak hingga 271 km. Mobil ini menggunakan transmisi otomatis dan bisa mencapai kecepatan maksimum 105 km/jam.

Di pasar India sendiri, Renault K-ZE diperkirakan akan diluncurkan secara komersial di India pada tahun 2021-2022.

Renault K-ZE akan bersaing dengan mobil-mobil listrik buatan Tata Motors, Mahindra, dan beberapa merek yang juga bakal ikut menelurkan mobil listrik seperti Suzuki, Hyundai, termasuk MG Motors, dan Nissan yang disebut akan meluncurkan LEAF.



Simak Video "Perkenalkan Renault Triber, MPV Eropa Pesaing Avanza dan Xpander"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com