Minggu, 02 Feb 2020 12:14 WIB

Terjebak Macet, Warga Jakarta Sia-siakan 174 Jam Setahun

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Kemacetan di Jakarta terparah ke-10 berdasarkan kondisi lalu lintas saat jam sibuk dari 416 kota dari 57 negara di dunia yang disurvei TomTom, 2019. Jakarta macet. Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Jakarta menjadi salah satu kota termacet di dunia. Tahun 2019, menurut studi terbaru, warga Jakarta yang terjebak macet membuang ratusan jam dalam setahun di jalanan.

Data terbaru TomTom Traffic Index menyebutkan, warga Jakarta yang berpergian di jam-jam sibuk menyia-siakan 174 jam di jalan, setara 7 hari 6 jam terbuang sia-sia.

Tingkat kemacetan Jakarta menurut TomTom Traffic Index pada 2019 sebesar 53%. Tingkat kemacetan atau congestion level di sini maksudnya adalah perjalanan di Jakarta membutuhkan waktu 53% lebih lama dibanding kondisi tanpa kemacetan.

Kemacetan paling parah terjadi pada sore hari ketimbang pagi hari. Setiap 30 menit perjalanan pagi hari, warga Jakarta menambah waktu 19 menit lebih lama ketimbang saat jalanan tanpa kemacetan. Sementara pada sore hari, setiap 30 menit perjalanan menambah 26 menit karena macet.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Jakarta Peringkat ke-10 Kota Termacet di Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com