Era Mobil Listrik RI di Mata Porsche

Ridwan Arifin - detikOto
Kamis, 30 Jan 2020 10:55 WIB
Porsche mempersembahkan mobil sport listrik sepenuhnya pertamanya kepada publik kemarin dengan World premier yang spektakuler yang diadakan secara serentak di tiga benua.
Mobil listrik Porsche Taycan. Foto: Porsche
Jakarta -

Indonesia mulai menentukan arah menuju era kendaraan listrik ke model Battery Electric Vehicles (BEV). Salah satu pabrikan yang hendak mendatangkan mobil listrik adalah merek asal Jerman, Porsche.

Porsche berencana mendatangkan mobil listrik Porsche Taycan pada Oktober 2020. Hal ini diungkapkan langsung oleh Managing Director Porsche Indonesia, Jason Broome saat perkenalan di Jakarta, Rabu (29/1/2020).

"Pemerintah Indonesia sudah memiliki komitmen untuk full electric vehicles (EV)," ujar Jason.

Mengenai kecocokan sportscar listrik untuk Tanah Air, Jason menambahkan era mobil listrik harus dimulai, kendati pabrikan lain belum mengikuti tren tersebut.

"Ketika terjadi perpindahan (era) pada mobil, tidak ada yang memulai EV (khususnya sportcars) saat itu terjadi," ungkap Jason.

Porsche sendiri memiliki varian lain khususnya untuk kendaraan ramah lingkungan untuk Panamera 4 E-Hybrid. Kendati demikian menyangkut soal pajak, membuat pihak Porsche pikir-pikir ulang untuk mendatangkan mobil tersebut ke Tanah Air.

Seperti diketahui hanya beberapa pabrikan tercatat meramaikan mobil hybrid di Tanah Air. Mulai dari Toyota, Mercedes-Benz, Mitsubishi dan BMW menyediakan varian plug-in hybrid atau full hybrid.

Sebab, menurutnya aturan saat ini belum banyak berpihak kepada mobil hybrid, mobil dengan dua sumber penggerak menjadi sangat mahal karena dianggap memakai dua mesin.

"Membawa hybrid ke sini tidak akan memberi keuntungan," kata Jason.

"Tapi ini akan menjadi investigasi kami, apakah ada kesempatan untuk mendatangkan mobil hybrid ke sini," kata Jason.

(riar/ddn)