Selasa, 28 Jan 2020 17:51 WIB

Alasan Pemprov DKI Jakarta Cuma Kendaraan Listrik yang Bebas BBN-KB

M Luthfi Andika - detikOto
Pengendara wanita mengisi baterai mobil Chrysler Pacifica Ilustrasi mobil listrik Foto: Fiat Chrysler Automobiles
Jakarta -

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta resmi membebaskan pajak Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN-KB), melalui Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 3 tahun 2020 tentang Isentif Pajak Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor atas KBL Berbasis listrik. Pergub itu diundangkan pada 15 Januari 2020 dan berlaku hingga 31 Desember 2019.

Tapi kenapa hanya kendaraan berbasis listrik yang mendapat isentif tersebut? Padahal kendaraan ramah lingkungan yang mampu menekan emisi terbilang cukup banyak, diantaranya Hidrogen, Hybrid, Plug-in Hybrid, kendaraan gas?

Pemprov DKI Jakarta pun memberi jawabannya kepada detik.com. Melalui Kabid Peraturan Badan Pendapatan Daerah DKI Jakarta, Indra Satria.

"Jadi begini, kita hanya melanjutkan Perpres 55 tahun 2019, tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) untuk Transportasi Jalan, hanya untuk berbasis baterai. Tapi ini berbasis murni baterai yang tidak lagi menggunakan bahan bakar fosil pada kendaraannya," kata Indra.

Lalu bagaimana dengan gybrid dan kawan-kawan? Indra mengatakan, jika melihat dari Perpres 55 tahun 2019, memang di dalamnya hanya mengatur soal kendaraan listrik. karena memang fokusnya untuk menekan emisi gas buang.

"Memang wacananya Jakarta hijau, jadi yang masih menggunakan bahan bakar fosil berarti belum mendukung Jakarta hijau. Jadi wacananya ke situ, jadi kita cenderung ke kendaraan yang murni listrik," ujar Indra.

Sebagai pengingat, dari dokumen yang diterima detikcom, kendaraan listrik diatur dalam Peraturan Presiden No. 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) untuk Transportasi Jalan. Peraturan yang ditetapkan pada 8 Agustus 2019 itu memiliki isi sebanyak 37 pasal. Apa saja isinya?

Selanjutnya
Halaman
1 2
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com