Kamis, 28 Nov 2019 14:11 WIB

Mengusut Solusi Kecelakaan Harus Adil dengan Data

Rizki Pratama - detikOto
Foto: Ilustrasi kecelakaan skuter listrik (Luthfy Syahban/detikcom) Foto: Ilustrasi kecelakaan skuter listrik (Luthfy Syahban/detikcom)
Jakarta - Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) membuka diskusi publik mengenai keselamatan jalan. Selain dalam rangka peringatan sedunia korban kecelakaan lalu lintas yang jatuh pada 17 November, diskusi ini juga dipicu oleh isu kecelakaan mikro mobilitas yang terjadi belakangan ini.

Dalam diskusi tersebut dikatakan, ketika terjadi kecelakaan bukan mencari siapa yang salah. Untuk mengurangi kecelakaan terjadi lagi diharapkan ada pengumpulan data dan diolah penyebabnya.



"Diskusi ini juga dipicu korban skuter ditabrak mobil. Untuk memulai mengurangi kecelakaan ini kita mulai dengan data detail. Di mana kecelakaan, waktu dan penyebabnya, dari situ kita rangkum jadi sebuah peta kecelakaan. Setelah dipetakan kita bisa lihat pila," kata Ketua Forum Transportasi Perkotaan Masyarakat Transportasi Indonesia, Gandry Ramadhan dalam diskusi yang diadakan di Tanah Abang, Jakarta Pusat, Kamis (28/11/2019).

Skuter sendiri pada dasarnya merupakan solusi dalam mengisi mobilitas masyarakat menuju transportasi masal. Pada kasus kecelakaan yang terjadi pada skuter atau otoped listrik beberapa waktu lalu, perlu ditekankan lagi bagaimana spesifikasi dari unitnya.



"Moda ini memenuhi gap first dan last mile dan sebuah kota bisa mengatur. Jadi kita jangan mengekang teknologi yang ada karena ada manfaat. Yang diatur adalah kendaraannya berupa kecepatan daya dan dimensi," tambahnya.

Ia mengharapkan perlu ada perlakuan adil terhadap semua jenis kendaraan. Sehingga kebutuhan mobilitas dan transportasi dapat dipenuhi dengan aman dan nyaman.

"Kita berhadapan dengan berbagai jenis kendaraan dengan prinsip kesetaraan. Kita harus adil ketika menerapkan sebuah kebijakan," tutupnya.


Mengusut Solusi Kecelakaan Harus Adil dengan Data


Simak Video "Lakalantas Jadi Ancaman, Gojek Bersama Korlantas Polri Adakan Pelatihan"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com