Selasa, 26 Nov 2019 08:12 WIB

Pengendara Mutlak Salah jika Tabrak Pesepeda di Jalurnya?

Rizki Pratama - detikOto
Foto: Pradita Utama Foto: Pradita Utama
Jakarta - Sejumlah ruas jalan di DKI Jakarta disunat untuk diberikan kepada para pengguna sepeda. Jalur yang berada di paling kiri itu sudah resmi diterapkan kemarin dan diawasi oleh Polri dan Dinas Perhubungan.

Sayangnya selama masa uji coba sebelumnya, skuter listrik yang termasuk dalam kategori kendaraan yang boleh melintasi menuai korban jiwa. Jika dirunut ke dalam aturannya pengguna kendaraan bermotor secara sah ditetapkan sebagai pelaku, dan pengguna jalur sepeda yang berlaku adalah korban.



"Harusnya para stakeholder tidak perlu panik. Peristiwa kemarin hanya karena kelalaian pengguna jalan seperti pelanggaran lainnya di jalan raya. Itu sampai sekarang adalah tugas kami di antaranya untuk melakukan kewaspadaan ketika berada di jalan," kata Instruktur RDL, Erreza Hardian saat dihubungi detikcom, Senin (25/11/2019).



Melalui UU. No 22 Tahun 2009 pasal 62 memang telah dituangkan mengenai hal tersebut. Di sana disebutkan bahwa pesepeda berhak atas fasilitas pendukung keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran dalam berlalu lintas. Pesepeda yang memang berhak menggunakan lalu lintas berarti harus diprioritaskan keamanannya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Waduh! Masih Banyak Pemotor Lewat Jalur Sepeda"
[Gambas:Video 20detik]
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com