Selasa, 12 Nov 2019 08:40 WIB

Jakarta Baru Naik, Jabar Sudah Kerek BBN Kendaraan Sejak April

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Foto: Dikhy Sasra Foto: Dikhy Sasra
Jakarta - Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN-KB) di DKI Jakarta naik. BBN KB di Jakarta naik dari 10% menjadi 12,5%.

Pemprov DKI Jakarta memang baru menaikkan BBN-KB. Namun, kenaikan BBN-KB itu sudah berlaku di beberapa daerah lain, seperti di Jawa Barat. Pemprov Jawa Barat sudah lebih dulu mengeluarkan Peraturan Daerah (PERDA) tentang Perubahan atas Peraturan Daerah Provinsi Jawa Barat Nomor 13 Tahun 2011 tentang Pajak Daerah.



Di dalam peraturan itu mengatur soal penyesuaian BBN-KB. Malah, Jawa Barat sudah mengerek BBN-KB sejak April 2019. Kenaikannya hampir sama seperti di Jakarta, yakni untuk kendaraan bermotor roda empat serta kendaraan bermotor roda dua dan roda tiga di bawah 250cc naik dari 10% menjadi 12,5%.



Sementara itu, Pemprov DKI Jakarta baru saja menerbitkan Peraturan Daerah Provinsi DKI Jakarta No. 6 Tahun 2019 tentang Perubahan Peraturan Daerah No. 9 Tahun 2009 tentang Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor. Perda Provinsi DKI Jakarta No. 6 Tahun 2019 itu ditandatangani oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada 7 November dan diundangkan di Jakarta pada 11 November 2019 kemarin.

Ada beberapa peraturan di Perda No. 9 Tahun 2009 yang diubah. Antara lain yang mengatur soal tarif BBN kendaraan bermotor.

Selanjutnya
Halaman
1 2
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com