Orang Indonesia Kalau Beli Mobil Lihat Ini Dulu

Dina Rayanti - detikOto
Rabu, 30 Okt 2019 10:30 WIB
Ilustrasi membeli mobil. Foto: shutterstock
Jakarta - Banyak pertimbangan sebelum seseorang membeli mobil. Di Indonesia pun demikian, sebelum membeli mobil yang pas biasanya ada hal-hal tertentu yang menjadi pertimbangan. Pertimbangan itu tentunya berbeda-beda di setiap negara.

Misal di beberapa negara Eropa mobil berbentuk sedan masih menjadi incaran. Atau di Amerika, mobil berjenis SUV justru lebih banyak memenuhi jalan. Sedangkan di Indonesia, justru mobil Low MPV yang jadi primadonanya.


Harga salah satu pertimbangannya. Tapi harga bukan satu-satunya faktor penentu seseorang membeli mobil. Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Yohannes Nangoi mengatakan, faktor kualitas ketahanan mobil pun menjadi yang utama bagi orang Indonesia.

"Tren konsumen di Indonesia jelas, bahwa dalam artian mereka melihat quality dan cost consious kendaraannya harus suitable dulu untuk orang Indonesia," jelas Nangoi ketika dihubungi detikcom melalui sambungan telepon, Selasa (29/10/2019).

"Ya jumlah penumpang, ketinggian bodi, kendaraan itu sendiri kan Indonesia pemakaiannya sangat luas untuk jarak jauh dan jarak dekat segala macam," kata Nangoi.


Jika melihat mobilnya sudah cocok, baru kemudian harga yang dilihat. Tak lupa layanan purnajual juga ikut disorot. Apabila suatu merek tak memiliki layanan purnajual yang mumpuni, masyarakat Indonesia pun ogah untuk membelinya.

"Setelah suitable harganya harus kompetitif, kemudian dari sisi servis serta quality-nya juga mendukung," pungkas Nangoi.

Simak Video "Resolusi 2022 Mau Punya Mobil Baru? Perhatikan Ini Dulu"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/lth)