Kamis, 17 Okt 2019 16:18 WIB

Mobil Mercy Baru Belum Temani Jokowi usai Pelantikan

Dina Rayanti - detikOto
Foto: Andhika Akbarayansyah Foto: Andhika Akbarayansyah
Jakarta - Dua Mercedes-Benz S 600 Guard model terbaru tampaknya belum akan menemani Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin saat pelantikan 20 Oktober 2019. Baik Jokowi maupun Ma'ruf disebut masih akan menggunakan mobil dinas yang selama ini digunakan.

"Masih menggunakan mobil lama," ungkap Kepala Biro Umum Kementerian Sekretariat Negara Piping Supriatna ketika dikonfirmasi detikcom, Kamis (17/10/2019).


Seperti diketahui, Kementerian Sekretariat Negara pada Agustus lalu telah mengumumkan bahwa presiden dan wakil presiden terpilih akan ditemani Mercedes-Benz S 600 Guard terbaru saat berdinas lantaran model lama sudah sering mengalami kerusakan. Mobil itu pun dipilih langsung oleh pemerintah dengan alasan keamanan bagi orang nomor wahid di Tanah Air itu.

"Kendaraan yang saat ini digunakan sebagai kendaraan keras VVIP Kepresidenan (tahun 2008 dan 2009) mayoritas telah berusia lebih dari 10 tahun, berdasarkan pertimbangan teknis antara lain faktor keamanan, keandalan, dan efisiensi atas biaya pemeliharaan yang semakin mahal karena usia pemakaian, perlu dilakukan pergantian," begitu keterangan Kemensetneg.

Sebelumnya, Deputy Director Sales Operations & Product Management MDBI Kariyanto Hardjosoemarto juga sempat menjelaskan bahwa butuh waktu tujuh hingga sembilan bulan dalam mendatangkan mobil kepresidenan itu dari Jerman.


Menurut Kariyanto pesanan mobil dinas Jokowi sudah bisa dilakukan pada Agustus. Bila hal itu dilakukan prediksinya unit selesai diproduksi lantas bisa dikirim ke Indonesia paling cepat tujuh bulan kemudian, yakni pada Maret.

"Estimasi lead time (inden) dari pemesanan hingga delivery 7-9 bulan," ucap Kariyanto belum lama ini.

Mobil Mercy Baru Belum Temani Jokowi usai Pelantikan Foto: Andhika Akbarayansyah





Simak Video "Herannya Jokowi, Cangkul Saja Masih Impor "
[Gambas:Video 20detik]
(dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com