Selasa, 15 Okt 2019 09:03 WIB

Melihat Spesifikasi Bus Zhongtong yang Pernah Bikin Ahok Kapok

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Bus Zhongtong. Foto: Galang Aji Putro Bus Zhongtong. Foto: Galang Aji Putro
Jakarta - Bus China bermerek Zhongtong kembali mengaspal di Jakarta sebagai armada TransJakarta. Bus yang terparkir bertahun-tahun itu kini mengaspal di Jakarta melayani koridor 1 TransJakarta Blok M-Kota.

Sebelumnya, bus merek Zhongtong ini sempat bikin mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok kapok. Pada tahun 2015, bus Zhongtong ini heboh karena bus ini jadi objek korupsi. Mantan Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Udar Pristono dihukum 13 tahun penjara dalam kasus pengadaan bus TransJakarta pada tahun 2012 dan 2013.



Bus-bus tersebut bukan didatangkan pada tahun ini, melainkan telah tiba di Jakarta pada 2016. PT TransJakarta mengatakan pengadaan bus itu didasari kontrak 2013 dan kini dioperasikan atas putusan Badan Arbitrase Nasional Indonesia (BANI).

Menyinggung soal bus Zhongtong yang digunakan kembali sebagai armada TransJakarta, bus ini merupakan model Zhongtong 6180GC City Bus (BRT). Mengutip laman resmi Zhongtong Bus, bus gandeng ini punya panjang total 18 meter.

Dengan dimensi yang panjang tersebut, bus Zhongtong ini mampu mengangkut penumpang total hingga 175 orang. Pintu yang dirancang lebar memastikan akses penumpang untuk keluar-masuk dengan mudah dan cepat.



Bus Zhongtong menggendong mesin berkapasitas 11.051 cc dengan turbo intercooling dan pendingin air. Tenaga maksimalnya tembus 455 daya kuda dengan torsi maksimal 1.373 Nm.

Mesin dikawinkan dengan transmisi otomatis enam percepatan dengan hydraulic retarder. Bus ini bisa dipacu hingga kecepatan 100 km/jam. Namun untuk penggunaan sebagai bus kota tampaknya kecepatan sampai 100 km/jam tak diperlukan.

Untuk kenyamanan, bus Zhongtong dibekali suspensi udara. Pengereman didukung oleh rem cakram di roda depan, tengah, dan belakang.

Simak Video "Bus TransJakarta Ringsek Usai Tabrak Separator di Jalan S Parman"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com