Senin, 14 Okt 2019 17:13 WIB

Konvoi Kendaraan Bisa Lahirkan Sikap Arogan di Jalan, Kenapa?

Ridwan Arifin - detikOto
Video Kericuhan Pengemudi Mobil vs Anggota Komunitas Motor. Foto: Tangkapan Layar Video Kericuhan Pengemudi Mobil vs Anggota Komunitas Motor. Foto: Tangkapan Layar
Jakarta - Berkonvoi merupakan kegiatan tak asing yang dilakukan pencinta otomotif baik roda dua maupun roda empat. Namun saat konvoi di jalan, peserta konvoi terkadang lupa akan aturan tata tertib sehingga terjadi perselisihan dengan pengguna jalan lain.

"Arogansi itu dapat timbul karena kita beramai-ramai bersama teman/komunitas di mana pembelaan bisa didapat dari teman bahkan saat kita salah sekalipun," ungkap Andry kepada detikcom, Senin (14/10/2019).



Andry mengingatkan bahwa prioritas peserta konvoi dengan pengguna jalan lain adalah sama, apalagi bila tanpa kawalan polisi.

"Konvoilah dengan tertib dan mengikuti arus, konvoi sama keberadaannya dengan pengguna jalan lain," kata Andry.



Bila sudah berkelompok dan seragam, tidak berarti bisa semena-mena di jalan. Sikap menghormati pejalan lain menjadi perhatian.

Sebab ketika mengemudikan motor atau mobil tidak hanya sehat secara fisik, tapi juga mental karena menghadapi lingkungan, provokasi, dan gangguan yang datang dari luar kendaraan.

"Tekan emosi hingga arogansi karena jalan itu milik bersama," kata Andry.

Simak Video "Massa Perguruan Silat Rusak Rumah Warga di Banyuwangi"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com