Sabtu, 12 Okt 2019 13:04 WIB

Motor yang Cocok Dipakai untuk Odong-odong

Rizki Pratama - detikOto
Motor bebek yang dijadikan penarik odong-odong Foto: Rizki Pratama Motor bebek yang dijadikan penarik odong-odong Foto: Rizki Pratama
Bekasi - Odong-odong banyak yang menggunakan motor sebagai penggeraknya. Namun tak semua jenis motor dapat dimodifikasi dengan hasil terbaik sebagai odong-odong. Salah seorang pembuat odong-odong di kawasan Bekasi Jawa Barat mengatakan bahwa motor yang paling tepat digunakan adalah Honda Kharisma atau Honda Supra X 125.

"Biasanya Kharisma sama Supra X 125, cc gede, kalau gigi satu masih jalan," kata Lamidi saat ditemui detikcom di bengkelnya, Bekasi, Jawa Barat.

Ia mengatakan bahwa saat ini di Indonesia itu adalah motor paling ideal untuk dijadikan odong-odong. Sedangkan jika menggunakan motor lebih besar ia mengatakan lebih capek digunakan karena menggunakan kopling. Sementara itu jika menggunakan mesin lebih kecil akan kesulitan menarik dua gerbong berisi penumpang.

"Kalau 110 ngedet masuk gigi dua udah nggak bisa jalan nggak ada tenaganya. Kalau 125 masih kuat. Motor sport nggak ada lagian pakai kopling capek," tambah Lamidi.

Lalu untuk motor matik meski berkapasitas mesin 150cc pun dikatakan Lamidi juga tidak tepat. Alasannya motor matik menggunakan van belt sebagai penggeraknya. Akan sulit disambung dengan penggerak ban belakang roda tiga bermuatan berat. Jika menggunakan motor bebek manual masih dapat diakali dengan mengganti gir belakang yang lebih besar.

"Matik nggak bisa gearnya dia pakai van belt kalau ini rantai. Kalau van belt nggak bisa tambah gir. Paling pas Kharisma atau Supra X 125," tukasnya.

Simak Video "Odong-odong, Satu-satunya Transportasi Umum Pulau Pramuka"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com