Jumat, 11 Okt 2019 14:37 WIB

Ada Merek BBM Baru, Pasar Indonesia Masih Luas

Rizki Pratama - detikOto
Foto: BP AKR Fuels Ritel Foto: BP AKR Fuels Ritel
Jakarta - Seperti diketahui Indonesia sudah memiliki perusahaan milik negara yang menyajikan bahan bakar, yaitu PT Pertamina (Persero). Kendati begitu masih ada banyak pilihan lainnya dari pihak swasta yang juga ingin memenuhi kebutuhan akan bahan bakar.

Selain Pertamina, mungkin telah cukup dikenal produk bahan bakar seperti Shell dan Total. Tak hanya itu, baru-baru ini merek dari Inggris, British Petroleum (BP), pun turut serta meramaikan.

Dealer Development Manager BP, Benny Oktaviano melihat bahwa peluang bisnis di Indonesia masih ada berdasarkan tingkat kebutuhannya yang tinggi.



"Sebenarnya pertama bahwa Indonesia market yang sangat dinamis dan juga kita lihat kebutuhannya. Kemudian dari sisi makro, Indonesia negara yang pada dasarnya tingkat kebutuhan bensinnya itu masih tinggi, itu bisa dilihat dari sisi demografis," kata Benny saat ditemui detikcom di AKR Tower, Jakarta Barat, Jumat (11/10/2019).

Ia menambahkan pula bahwa pertumbuhan infrastruktur juga menjadi bukti bahwa akan semakin luas kebutuhan dari bahan bakar. Belum lagi masih banyak daerah-daerah kecil yang nantinya akan berkembang.



"Perkembangan dari satu kota ke kota lain. Indonesia mungkin negara yang ada perubahan daerah dari rural menjadi sub-rural dan jadi satelit. Infrastruktur ada penambahan tol baru pasti itu untuk motoris, itu kunci utamanya," tambahnya.

BP sendiri telah membuka layanan ritelnya sejak November 2018 lalu. Sampai saat ini bahan bakar merek Inggris itu telah mengoperasikan 10 SPBU. BP di Indonesia didampingi oleh PT Aneka Kimia Raya (AKR) sebagai mitra kerja sama dalam menanamkan investasinya.

"Tahun 2017 BP melakukan kerja sama dengan AKR untuk membangun bisnis service station dengan membawa brand BP di Indonesia. Jadi joint venture dibangun 2017 dan november 2018 kita buka SPBU pertama di Indonesia di De Latinos (BSD, Tangerang). Dalam hampir satu tahun ini kita operasikan 10 SPBU, 8 di Jabodetabek kemudian ada 2 di Surabaya," pungkas Benny.


Ada Merek BBM Baru, Pasar Indonesia Masih Luas


Simak Video "SPBU di Bukittinggi Hangus Terbakar, Api Diduga Berasal dari Mobil"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com