Selasa, 01 Okt 2019 14:09 WIB

Diler Mobil Makin Sepi di Daerah yang Terdampak Karhutla

Luthfi Anshori - detikOto
Ilustrasi Foto: detikOto Ilustrasi Foto: detikOto
Jakarta - Kebakaran hutan dan lahan yang ada di beberapa titik, di Pulau Sumatra dan Kalimantan beberapa waktu lalu tidak hanya mengganggu aktivitas warga, tapi juga termasuk aktivitas bisnis penjualan mobil.

"Orang kalau mengalami force majeure begitu kan yang pertama kali dilakukan adalah menunda pembelian (produk otomotif)," kata Direktur Pemasaran 4W PT Suzuki Indomobil Sales, Dony Ismi Saputra.



Menurut Doni kunjungan konsumen ke diler-diler Suzuki mengalami penurunan signifikan di daerah-daerah terdampak Karhutla.

"Udah ada laporan sih, tingkat kunjungan konsumen (walk-in) ke showroom dengan adanya kasus ini turun sekitar 50 sampai 60 persen, khususnya di Sumatera dan Kalimantan," terang Dony.



Meski begitu, menurut Dony tidak semua daerah terdampak Karhutla sepi dari aktivitas penjualan mobil.

"Ada satu daerah di Banjarmasin contohnya, itu tingkat kunjungan konsumen ke diler justru naik 110 persen, ini agak anomali sih," kata Dony.

"Kalau kami sih curiganya mereka punya program kuat atau konsumen lagi kenceng di sana, sehingga mereka nggak mau pending dulu, langsung eksekusi cepat," terang Dony.

Diler Mobil Makin Sepi di Daerah yang Terdampak Karhutla


Simak Video "Tung, Truntung, Tung! Komunitas Mobil Truntung Resmi Berdiri"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com