Senin, 09 Sep 2019 10:30 WIB

Lebih Bersih Jika Mengecas Kendaraan Listrik dari Energi Matahari

Ridwan Arifin - detikOto
Foto: Ridwan Arifin Foto: Ridwan Arifin
Jakarta - Kendaraan listrik saat ini menjadi perhatian masyarakat sebab digadang menjadi salah satu solusi dari masalah polusi. Ada yang mengatakan mobil listrik misalnya, tidak benar-benar bersih.

Sebab sumber listriknya masih menggunakan batu bara di mana ujung-ujungnya menjadi sumber polutan. Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) mengumumkan saat ini tengah memiliki dua stasiun pengisian kendaraan listrik Fast Charging Station (FCS) di BPPT Thamrin dan B2TKE Puspitek Serpong.


"Listrik itu perlu pengaturan yang lebih baik. Itu ada smart grid ketersediaan, ada lagi konsep kendaraan yang ramah lingkungan itu tidak bisa diwujudkan kalau ternyata energi listrik nya masih berasal dari kurang clean," ujar Kepala Balai Besar Teknologi Konversi Energi (B2TEK) Muhammad Mustafa Sarinanto di Serpong, Tangerang, Sabtu (7/9/2019).

"Kami di sini mencontohkan di sini memadukan rooftop photo voltage atau pembangkit listrik panel surya itu gunanya memadukan konsep charging station, kemudian smart grid, jaringan cerdas untuk listrik kemudian, energi terbarukan," jelas Mustafa.

Yap sumber listrik ini diklaim lebih murni ketimbang mengandalkan batu bara khususnya untuk kendaraan listrik. Sebab dua FCS tersebut menggunakan solar panel atau Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) yang ada di atap gedung menyerap energi matahari yang mempu melahirkan 100 kWp.

Pun ia menjelaskan untuk memantau arus listriknya saat ini sudah tersedia teknologi yang disebutnya Smart Micro Grid.


Mekanisme sederhananya berupa photo voltage yang akan mengonversi energi matahari menjadi energi listrik, sejumlah baterai untuk menyimpan energi kemudian disalurkan ke beban, unit genset dan sistem kontrol microgrid.

Jadi misalnya saat mobil dicas, FCS yang digunakan akan menampilkan informasi kepada control room. Menampilkan data secara retail konsumsi listrik yang digunakan ataupun dihasilkan dari PLTS.


Lebih Bersih Jika Mengecas Kendaraan Listrik dari Energi Matahari


Simak Video "Anies Akan Gratiskan Pajak Balik Nama Kendaraan Listrik"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com