Kamis, 29 Agu 2019 16:05 WIB

Efek Ganjil-Genap, TransJakarta Pecahkan Rekor Jumlah Penumpang

Ridwan Arifin - detikOto
Bus listrik TransJakarta Foto: Grandyos Zafna Bus listrik TransJakarta Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Direktur Utama PT Transportasi Jakarta, Agung Wicaksono menyebut ganjil-genap cukup membuat orang mulai beralih ke angkutan massal khususnya TransJakarta.

"Setiap hari 850 ribu pelanggan kami angkut, itu baru dua hari yang lalu pecah rekor jadi di era perluasan ganjil-genap ternyata TransJakarta pecah rekor jumlah pelanggan mencapai 851 ribu orang per hari," ujar Agung dalam Forum Perhubungan' yang diselenggarakan detikcom bersama Kementerian Perhubungan di Hotel Harris Vertue, Harmoni, Jakarta, Kamis (25/8/2019).



Peralihan ke moda transportasi listrik saat ini juga tengah menjadi fokus pengembangan TransJakarta. Namun sebelum beranjak ke sana melalui dua merk bus MAB dan BYD diakui sedang dalam tahap uji coba, sebab daya angkut yang hingga 850 ribu orang per hari.

"Diawali dengan langkah awal uji coba, kenapa uji coba? TransJakarta ini tidak sembarangan, dan tentunya supaya bisa berjalan lancar supaya bisa masuk kendaraan listrik kita harus uji coba dengan benar," kata Agung.



Sebelumnya TransJakarta dengan bus listrik juga sudah melayani beberapa warga di Jakarta, namun masih tertutup di kawasan wisata.

"Kita lakukan di Monas, Taman Mini, Ancol pada waktu bulan puasa sampai dengan periode libur lebaran tanggalnya 18 Mei - 9 Juni kita lakukan itu. Alhamdulillah antusiasme masyarakat sangat besar hampir 14 ribu orang telah menaiki bis listrik," ujar Agung.

Simak Video "Efektifitas Perluasan Ganjil-Genap dan Perbaikan Kualitas Udara"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com