Minggu, 25 Agu 2019 16:06 WIB

Pelat Nomor Asli Tak Akan Bisa Dijiplak

Ridwan Arifin - detikOto
Pembuat pelat nomor di pinggir jalan. Foto: Ridwan Arifin/detikOto Pembuat pelat nomor di pinggir jalan. Foto: Ridwan Arifin/detikOto
Jakarta - Kebijakan ganjil-genap membuat oknum pengendara mengakalinya dengan menggunakan pelat nomor palsu. Kendati dibuat semirip mungkin, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mengatakan pelat nomor terbitan pinggir jalan tidak akan menyerupai yang asli.

"Kalau meniru pasti tidak akan sama, namanya juga jiplak pasti tidak akan sama," ujar Kasubdit Regident Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Sumardji kepada detikcom di kantornya, Jakarta Selatan, Rabu (21/8/2019).


Sumardji mengatakan petugas di lapangan tanpa kesulitan dapat langsung membedakan pelat nomor palsu secara kasat mata.

"Seluruh anggota Polri khususnya di bidang lalu lintas, mereka hafal mati. Berkaitan dengan spesifikasi khusus TNKB (Tanda Nomor Kendaraan Bermotor)," sebut Sumardji.

Ia menjelaskan segala aturan mengenai pelat nomor sudah tertuang dalam Peraturan Kapolri Nomor 5 tahun 2012. Namun spesifikasi secara lebih gamblang soal TNKB memang tidak disebutkan, sebab hanya Korlantas yang memiliki wewenang untuk bisa menerbitkan.

"Ada ketentuan, spesifikasi khusus yang masyarakat atau yang mencetak di pinggir jalan tidak tahu, baik dari ukuran roda dua itu berapa, tebalnya roda empat itu berapa. Termasuk ciri-ciri khusus yang ada di TNKB," terang Sumardji.


Lebih lanjut ciri yang tidak diketahui masyarakat tersebut menjadi cara polisi untuk bisa membedakan pelat nomor yang asli dan palsu.

"TNKB itu spesifikasinya berdasarkan peraturan Korlantas jadi itu sifatnya internal," jelas Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP M. Nasir.

Simak Video "Jurus Ilegal Anti Tilang Ganjil Genap"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com