Senin, 29 Jul 2019 16:26 WIB

Cara Singkat Urus Tilang Elektronik

M Luthfi Andika - detikOto
Petugas polisi mengamati kamera CCTV untuk melihat adanya pelanggaran lalu lintas Foto: Agung Pambudhy Petugas polisi mengamati kamera CCTV untuk melihat adanya pelanggaran lalu lintas Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Tilang elektronik mulai diterapkan pihak kepolisian. Para pengendara pun diharapkan agar lebih menaati aturan lalu lintas saat berkendara.

Nah buat detikers yang terkena tilang elektronik, dan disurati surat tilang dari Kepolisian Republik Indonesia. Ada beberapa langkah, yang harus dilakukan untuk membayar denda, dan menyatakan dirinya memang melanggar lalu lintas. Seperti yang dibagikan oleh @gilbhas dalam media sosialnya.



"Langkah selanjutnya isi form di surat atau di web. Tentu gue isi di web, ngapain udah tilang online, ngurusnya offline? Isi formnya kayak apakah bener mobil kita, saat itu kita yang nyetir/bukan, no SIM, masa berlaku SIM, dll. Identitas lah pokoknya. Abis itu kita dikirim email," tulis @gilbhas.

Setelah melakukan pengiriman data melalui email atau surat elektronik. Maka pihak berwajib akan memberikan keterangan kembali melalui pesan singkat.



"Sorenyaa, gue dapet SMS rekening dan denda tilang. Dulu banget juga gue pernah ketilang dan bayar jumlah yang sama karna ga ikut sidang. Mahal men :( Harus bisa jadi materi ini mah biar ga rugi-rugi amat :(," tulis @gilbhas.

Setelah itu, proses pembayaran tilang pun bisa dilakukan.

"Tadi pagi gue dengan suka hati membayar tilangnya yang 500rebu itu, lalu gue dapat email lagi yang memberitahu bahwasanya pembayaran diriku sudah diterima.
Semoga saya tidak harus berurusan lagi sama ETLE (Electronic Traffic Law Enforcement) di masa mendatang," tulis @gilbhas.

"Kejadian ini membuat gue nyesek karna ditilang, tapi juga kagum ternyata Polisi kita peralatannya canggih dan bagus. Ingat, selalu patuh rambu lalu lintas dimanapun karna diawasi ETLE, selalu berbuat baik dimanapun karna diawasi Gusti Allah. Salam keselamatan!," tambah @gilbhas.



Simak Video "Siap-siap! Tahun 2020 Sepeda Motor Juga Ditilang Elektronik"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com