Kamis, 11 Jul 2019 18:49 WIB

Urai Kemacetan di Tol Japek, BPTJ Wacanakan Sistem One Way

Ridwan Arifin - detikOto
Ilustrasi Foto: Dian Firmansyah Ilustrasi Foto: Dian Firmansyah
Jakarta - Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kemenhub berencana melakukan rekayasa lalu lintas di tol Jakarta-Cikampek untuk mengurai kemacetan.

Kepala BPTJ Bambang Prihartono menjelaskan pihaknya saat ini tengah mewacanakan sistem one way seperti yang sudah pernah dilakukan pada musim mudik lebaran 2019.



"BPTJ juga akan mengatur, mewacanakan sistem satu arah di jam-jam tertentu di Tol Japek. Kan kita pernah melaksanakan satu arah kan pada saat mudik lebaran kemarin," ujar Bambang saat dihubungi detikcom.

"Jadi akan melaksanakan itu, jadi kita tidak berteori lagi. Kita akan mengimplementasikan kebijakan yang sudah dilaksanakan," tambah Bambang.



Untuk menyelesaikan masalah kemacetan di tol Japek. Selain mempertimbangkan sistem satu arah, BPTJ juga akan membenahi sistem lalu lintas angkutan logistik.

"Kami akan mengatur rekayasa lalu lintas pergerakan barang mulai dari Tanjung Priok. Karena truk-truk itu kan berasal dari Tanjung Priok," kata Bambang.

"Kalau Tanjung Priok sudah teratur, maka pergerakan barang di Japek (Tol Jakarta-Cikampek) akan teratur, nah bila perlu kita mengatur kedatangan kapal," jelas Bambang.

Simak Video "One Way Mulai Km 439 Unggaran Hingga Km 29 Cikarang Barat"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com