Senin, 08 Jul 2019 10:50 WIB

Kemenhub Siapkan 38 Terminal Bus Jadi Sekelas Bandara

Luthfi Anshori - detikOto
Terminal Bus. Foto: Agung Pambudhy Terminal Bus. Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan melakukan renovasi terhadap 38 terminal Tipe A pada tahun 2020 mendatang. Terminal Tipe A ini digadang-gadang akan memiliki standar layaknya bandar udara (bandara).

Saat ini Kemenhub tengah mengajukan anggaran sebanyak Rp 35-50 miliar untuk satu terminalnya kepada Menteri Keuangan untuk merealisasikan rencana tersebut.



"Kalau ini lancar semuanya dan Kementrian Keuangan membuka peluang itu per terminal rata-rata antara Rp 35-50 miliar. Kalau itu renovasi dengan anggaran segitu kayaknya mungkin saya bisa membuat apa yang menjadi keinginan Pak Menteri itu. Terminal Tipe A itu harus sama dengan bandara dari sisi performanya, fisiknya, termasuk di dalamnya," ujar Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub, Budi Setiyadi saat ditemui detikcom di gedung Kemenhub, Jakarta Pusat, Kamis (4/7/2019).

Menurutnya selama ini terminal Tipe A yang dikelola oleh Dishub Daerah mengalami kesulitan lantaran anggaran renovasi pajak retribusi dari Anggaran Pendapatan, dan Belanja Daerah (APBD) tidaklah cukup. Budi mencontohkan Terminal Solo yang menghasilkan pajak retribusi sebesar Rp 5 miliar tidaklah cukup untuk merawatnya dan memberikan layanan prima.



"Gambarannya pemerintah daerah itu terminal dibangun bagus kemudian renovasi itu biayanya dari APBD-nya ternyata nggak sebesar itu. Seperti terminal besar aja di Jawa Tengah paling gede pendapatan di Solo itu satu tahun saat itu dari APBD retribusi cuma Rp 5 miliar setahun. Jadi akhirnya saya lihat banyak terminal yang saat itu kurang terpelihara ya," papar Budi.

Saat ini Kemenhub bertanggung jawab atas 125 terminal dan untuk tahap awal akan memberikan revitalisasi pada 38 terminal tersebut. "Ya kalau sekarang (di bawah Kemenhub) sekitar 125 terminal, bertahap sementara tahun 2020 38 (direnovasi)," tukas Budi.

Simak Video "Penutupan Bandara di Hong Kong Berdampak Ekonomi Cukup Besar"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed