Rabu, 03 Jul 2019 13:11 WIB

Target Tahun Depan, 1.000 Bus Listrik Beroperasi di Jabodetabek

Rizki Pratama - detikOto
Foto: Luthfi Anshori Foto: Luthfi Anshori
Jakarta - Dalam Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 55 Tahun 2018 tentang Rencana Induk Transportasi Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi Tahun 2018-2029, disebutkan penerapan penggunaan sarana transportasi yang ramah lingkungan, dengan program penggunaan kendaraan listrik dan gas.

Berdasarkan Peraturan Presiden tersebut, Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) berharap bisa menggunakan bus listrik sebanyak 1.000 unit pada tahun depan.



Target jangka pendek tersebut dapat direalisasikan dengan menjalin kerja sama dan saling mendukung dengan bus listrik buatan PT Mobil Anak Bangsa (MAB)

"Kami ingin tahun depan 1.000 unit bus listrik sudah terealisasi. Bersama MAB nanti kita coba bagaimana kita sinergi dengan yang lain sehingga target nasional bisa tercapai, ini yang kami kawal," ujar Kepala BPTJ, Bambang Prihartono dalam penandatanganan Nota Kesepahaman MAB dengan PPD di Sudirman, Jakarta Selatan, Selasa (2/7/2019).

Target Tahun Depan, 1.000 Bus Listrik Beroperasi di JabodetabekFoto: Grandyos Zafna


Bambang menegaskan pengadaan 1.000 unit bus ini semuanya adalah bertenaga listrik. Bahkan dalam jangka menengah BPTJ membidik 5.000 unit bus listrik siap melayani kebutuhan transportasi umum.



"Kita nggak bicara bus bensin lagi, belum kota lain. Bahkan kita targetkan dalam jangka waktu menengah itu udah 5.000 unit bus kita butuhkan," lanjut Bambang.

Bus listrik MAB. Bus listrik MAB. Foto: Rizki Pratama



Menurutnya kehadiran bus listrik MAB momennya sangat tepat mengingat Perpres 55 telah dikeluarkan pada tahun lalu. "Presiden juga memerintahkan pada BPTJ melalui Perpres 55 untuk segera melihat bahwa lingkungan menjadi prioritas. Di dalam rencana Indonesia 2018 sampai 2029 kita sudah bicara kendaraan angkutan umum bertenaga listrik ini adalah momen daripada kita untuk mengimplementasikan Perpres 55," imbuhnya.

Target Tahun Depan, 1.000 Bus Listrik Beroperasi di Jabodetabek


Simak Video "Bus Listrik Tranjakarta Mejeng di CFD"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com