Selasa, 18 Jun 2019 11:39 WIB

Saat Lautan Demonstran Buka Jalan Untuk Ambulans

Ridwan Arifin - detikOto
Foto: Demonstran di Hong Kong buka jalan untuk ambulans (HECTOR RETAMAL / AFP) Foto: Demonstran di Hong Kong buka jalan untuk ambulans (HECTOR RETAMAL / AFP)
Hong Kong - Sejumlah demonstran yang diklaim mencapai 2 juta orang yang merupakan warga Hong Kong berkumpul dan melakukan protes untuk menuntut penarikan RUU ekstradiksi di negara bekas jajahan Inggris tersebut pada Minggu (16/06/2019).

Warga Hongkong tidak puas sebab setelah melakukan demonstransi RUU tersebut ditangguhkan hanya sementara. Namun mereka menuntut penarikan secara penuh.

Kendati demikian ada satu penampakan yang cukup membuat decak kagum. Meski sedang berdemonstrasi, para peserta demonstran tetap memberikan prioritas ketika ambulans melintas.



Tentu ini pengalaman yang cukup mengharukan ketika melihat begitu banyak orang hingga seperti semut bekerja sama di tengah-tengah protes.

Salah satu jalan yang 'tertutup' massa adalah Harcourt Road dekat Central Government Complex. Lautan massa itu lalu 'terbelah' ketika para demonstran membuka jalur bagi sebuah ambulans yang lewat.

Namun tidak masalah bagi warga Hongkong, terlihat dalam video yang dibagikan, mereka mulai bergerak ke samping dalam singkronisasi, membuat jalur bagi ambulans untuk menjangkau pasien.

Menjadi viral sebab dengan jalan-jalan yang penuh sesak dengan kerumunan manusia, tampaknya mustahil bagi kendaraan untuk melewatinya.

Seperti yang diberitakan Strait Times, Selasa (18/6/201

[Gambas:Video 20detik]

9) berdasarkan keterangan media lokal setempat, ambulans itu dipanggil sekitar pukul 21.00 waktu setempat setelah ada demonstran yang pingsan.

Beberapa orang di jejaring sosial Twitter aksi para demonstran membuka jalan bagi ambulans itu menuai pujian, ada yang menyebutnya sebagai 'momen paling indah di Hong Kong'.

Kejadian unik tersebut juga mendapat sorotan anggota parlemen Hong Kong, Raymond Chand. Bahkan ia mengunggah ulang melalui jejaring sosial Twitternya.

"Warga Hong Kong adalah pengunjuk rasa paling tertib di dunia. Mereka membuka jalan hanya dalam beberapa detik untuk ambulans di Causeway Bay," cuitnya di Twitter.



(riar/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed