Kamis, 13 Jun 2019 16:43 WIB

Soal Uji Coba Bahan Bakar B30, Isuzu Ikut Aturan Pemerintah

Luthfi Anshori - detikOto
Ilustrasi Foto: Puti Aini Yasmin Ilustrasi Foto: Puti Aini Yasmin
Jakarta - Pemerintah mulai melakukan uji coba terhadap bahan bakar bio diesel 30% atau dikenal B30. Uji coba ini dimulai pada Kamis (13/6/2019), di kantor Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Hal ini pun mendapat tanggapan dari produsen mobil di Indonesia. Salah satunya oleh Isuzu yang terkenal dengan slogan 'Rajanya Diesel'. Pabrikan yang kondang dengan kendaraan niaganya ini mengikuti dengan patuh setiap aturan pemerintah.



"Mengenai apakah Isuzu setuju atau tidak (dengan B30), yang pasti kami adalah perusahaan yang taat peraturan pemerintah," terang Marketing Communication Dept Head PT Isuzu Astra Motor Indonesia Puti annisa, kepada detikcom, Kamis (13/6/2019).

Lebih lanjut, Nisa mengatakan Isuzu setuju dengan B30, asalkan pemerintah mau menggandeng merek dalam mempelajarinya bahan bakar ini.



"Apakah teknologi mesin yang ada mumpuni utk B30? Karena untuk membuat mesin yang cocok (dengan B30) bukan masalah riset setahun dua tahun," terangnya.

Isuzu sendiri turut berpartisipasi dalam uji coba ini dengan menyumbang model ELF nomor 71, sebagai unit pinjaman.

"Kementerian ESDM mulai melaksanakan uji coba B30 di beberapa unit. Isuzu juga ikut serta. Proses uji coba masih terus berjalan, jadi kami belum mendapatkan hasilnya," pungkasnya. (lua/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed