Kamis, 16 Mei 2019 18:26 WIB

Berapa Ongkos Angkut Motor di Bus Saat Mudik?

Luthfi Anshori - detikOto
Ilustrasi Foto: Luthfi Anshori Ilustrasi Foto: Luthfi Anshori
Jakarta - Bagi detikers yang ingin mudik menggunakan motor, saat ini pilihan jalur yang bisa dilewati ada dua. Lewat jalur Pantura atau tol Trans Jawa. Tapi bukan berarti, motornya dipakai di jalan tol ya. Motor tetap harus diangkut menggunakan bus umum supaya aman.

Saat ini ada beberapa Perusahaan Otobus yang menawarkan jasa angkut barang seperti motor. Dalam prakteknya nanti, motor akan dimasukan ke lambung bus yang punya ruang cukup besar. Bus jenis high decker ini bisa mengangkut, 6-8 motor matik atau bebek dalam sekali jalan.



PO Putera Mulya jadi salah satu perusahaan bus yang memiliki jasa layanan ini. "Di Putera Mulya sendiri ada 16 unit bus yang bisa membawa motor," kata pimpinan Perusahaan Otobus PT Putera Mulya Sejahtera, Kurnia Lesani Adnan.

Untuk bisa membawa motor ke dalam bus, penumpang dikenakan biaya bagasi. "Bawa motor itu pasti kena biaya cas bagasi, biasanya untuk motornya saja, itu seharga dua tiket penumpang hitungannya," lanjut Sani.



Hitung-hitungannya, jika tarif bus Jakarta - Solo sebesar Rp 195 ribu, maka untuk mengangkut motor di bus, penumpang harus siapkan uang sebesar Rp 390 ribu. Ongkos tentunya bisa lebih mahal, karena pada tanggal-tanggal tertentu di musim mudik tarif bus akan naik.

Meski biaya yang dikeluarkan cukup besar, tidak seperti biaya ketika bawa motor sendiri untuk mudik, mengangkut motor di dalam bus tentu jauh lebih aman, baik bagi motor maupun pemiliknya.

"Setiap ritase itu ada saja yang bawa, tapi nggak banyak kalau saya perhatikan. Biasanya selalu ada 2 sampai 3 motor di bagasi," pungkas Sani. (lua/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed