Rabu, 15 Mei 2019 09:21 WIB

Anak SD sampai Ojol, Penghafal Al-Kahfi yang Dapat Bensin Gratis

Ridwan Arifin - detikOto
Penghafal Quran Gratis Isi BBM. Foto: Ridwan Arifin Penghafal Quran Gratis Isi BBM. Foto: Ridwan Arifin
Jakarta - Hampir satu tahun dijalankan promo 10 liter BBM Pertalite gratis untuk tiap penghafal surat Al-Kahfi yang diselenggarakan pada hari Jumat di SPBU 34-169-33 di Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor. Pengelola mengatakan banyak penghafal datang dari ragam profesi.

Hal ini diungkapkan oleh Ketua Koperasi Sayaga KORPRI Kabupaten Bogor, Maryeni saat berbincang bersama detikcom di Cibinong, Jawa Barat, Senin (13/05/2019).

"Saya nggak pernah hitung, udah banyak. Sudah berapa minggu berarti ya, sejak Agustus 2018," ujar Maryeni kepada detikcom.



Mulai profesi dari anak yang masih duduk di bangku Sekolah Dasar (SD), mahasiswa, guru, hingga driver ojek online pun pernah menguji kemampuan di SPBU ini. Untuk penghafal yang masih duduk di bangku SD seharusnya sih bensin gratis digunakan untuk kendaraan orang tuanya.

"Paling kecil anak tiga SD, Bahkan ada yang datang bapaknya dulu, kemudian anaknya yang menghafal. Tetap kita berikan, karena bagi siapa pun yang menghafal. Rata-rata saya tanya kebanyakan malah itu guru Tahfid gitu, kerja di perusahaan juga pernah, dia izin dulu, karena waktu dulu dilaksanakan sebelum waktu sholat Jumat, kemarin juga ojek online dari Pondok Labu," ujar Maryeni.

"Yang mau sekolah di Arab juga pernah, ke sini mereka itu sambil ngetes kemampuan dirinya, bukan iming-iming 10 liter BBM Pertalite-nya," ungkap Maryeni.



Sampai saat ini sebuah poster bertuliskan "Promo Jumat Berkah Gratis 10 Liter Pertalite hanya untuk penghafal Q.S Al Kahfi setiap hari Jumat jam 13.00-15.00 WIB" terpampang di depan SPBU 34-169-33, Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor.

Hal tersebut merupakan cara inspiratif yang dilakukan untuk mendorong umat Islam makin giat menghafalkan surat Al-Kahfi yang terdiri dari 110 ayat. Caranya dengan memberikan BBM jenis Pertalite 10 liter untuk warga yang mau menyetor Al-Kahfi setiap hari Jumat.



Maryeni mengatakan promo tersebut sudah berlangsung sejak bulan Agustus 2018 lalu. Awalnya merupakan cara untuk menyambut HUT RI yang ke-73, namun dirasa manfaatnya terasa besar sehingga program tersebut terus dilanjutkan.

"Kemarin tuh ceritanya kita mau menyambut momen kemerdekaan, tapi dilanjut terus ini. Kita ingin keberkahan, minimal SPBU ini berkah," ucap Maryeni.

Promo tersebut juga berhasil menjaring banyak penghafal Al-Kahfi, bagi yang berhasil akan mendapatkan voucher 10 liter bensin Pertalite secara gratis. Ia mengungkapkan tidak ada niatan lain selain untuk ladang mencari keberkahan, apalagi di bulan Ramadhan. "Kita belum tentukan sampai kapan promo ini berakhir, ingin seterusnya," jelas Maryeni. (riar/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com