Kamis, 09 Mei 2019 12:20 WIB

Produsen Ban Lokal Tembus Pasar AS

Ruly Kurniawan - detikOto
Foto: dok. Gajah Tunggal Foto: dok. Gajah Tunggal
Jakarta - Walau banyak pesaing dari luar, produsen ban lokal PT Gajah Tunggal Tbk terus eksis bahkan di tingkat global.

"Walaupun saingannya banyak yang dari luar, PT Gajah Tunggal Tbk terus berdiri sebagai perusahaan ban nasional yang bisa bersaing di tingkat nasional, regional, maupun global. Kontribusi kita berkisar di angka 50% untuk ban mobil dan 47% di sepeda motor," ujar Presiden Direktur PT Gajah Tunggal Tbk, Sugeng Rahardjo di Jakarta, Rabu (8/5/2019).

Tentang ekspor sendiri, ban yang terkenal dengan brand GT Radial ini sudah melakukannya cukup lama. Hingga saat ini, 70 persen total ekspornya ke Negeri Paman Sam, Amerika Serikat.

Produsen Ban Lokal Tembus Pasar ASFoto: Rachman Haryanto





"Ekspor kita 70% ke Amerika Serikat, disusul dengan Asia Pacific dan sebagainya," ujar Sugeng.

Selain mengembangkan bisnis, perusahaan juga berkomitmen dalam mendukung upaya pemerintah memajukan perekonomian nasional dan kesejahteraan umum. Paling tidak ada tiga kontribusi besar yang telah disumbangkan oleh perseroan ini, sebagaimana diungkapkan Sugeng.

"Pertama, selama 68 tahun terakhir ini kita sudah menciptakan kesempatan kerja kurang lebih sebesar 18.000 (yang langsung). Bisa dibayangkan yang tidak langsung berapa besar, seperti distributor, teknisi pasang ban, petani karet, dan lain sebagainya," ujarnya.



Kedua, PT Gajah Tunggal Tbk juga telah berkontribusi terhadap pendapatan pemerintah dengan membayar pajak yang terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Terakhir, perusahaan terus meningkatkan ekspor ke berbagai negara guna membantu pemerintah mendapatkan devisa.

"Ban buatan PT Gajah Tunggal Tbk ini sudah 100% konten lokalnya. Untuk ban sintesis, itu kurang lebih 30% blendednya sudah lokal," tutup Sugeng. (ruk/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com