Senin, 29 Apr 2019 16:25 WIB

Lihat Lagi Ketangguhan Bus Listrik Asal China yang Dijajal Anies

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Bus Listrik Transjakarta. Foto: Rifkianto Nugroho Bus Listrik Transjakarta. Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta - Pagi tadi, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sempat menjajal bus listrik calon armada Transjakarta. Bus yang dicoba Anies itu merupakan bus lansiran pabrikan China, BYD.

Bus listrik yang dijajal Anies pagi tadi adalah BYD tipe K9. Bus listrik tersebut mampu menampung sekitar 50 penumpang, 2 duduk dan 18 penumpang berdiri.



Bus listrik ini memang sudah banyak digunakan di berbagai negara di dunia. Disebutkan, bus listrik ini telah melintas di 50 negara dan lebih dari 200 kota.

Bagaimana ketangguhannya? Mengutip data spesifikasi dari laman resmi BYD, bus ini

BYD K9 ditenagai oleh motor listrik tipe AC Synchronous Motor. Tenaga maksimalnya mencapai 300 kW dengan torsi maksimal 1.100 Nm.

Tenaga listrik disimpan dalam baterai BYD Iron-Phosphate. Baterai itu berkapasitas 324 kWh.



Proses pengisian baterai sekitar 4-5 jam. Dalam sekali pengisian baterai, bus ini bisa menempuh jarak sejauh 250 km dengan kecepatan maksimal 70 km/jam.

Secara dimensi, bus punya panjang 12 meter, lebar 2,5 meter dan tinggi 3,4 meter. Jarak sumbu rodanya 6,1 meter. Bus ini berbobot 18.000 kg.

Sementara itu, Anies cukup antusias saat menjajal Transjakarta listrik untuk pertama kalinya di Jakarta ini.

"Uji coba pertama yang unik kalau jalan nggak ada suaranya," ungkap Anies dikutip dari detiknews, Senin (29/4/2019). (rgr/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com