Kamis, 21 Feb 2019 09:36 WIB

Purnatugas Bus PPD Tua, Menanti untuk Dimutilasi

Ridwan Arifin - detikOto
Bus Tua di Pool PPD Depok. Foto: Ridwan Arifin Bus Tua di Pool PPD Depok. Foto: Ridwan Arifin
Depok - Depo PPD Depok Timur, Jawa Barat, menyisakan satu unit bus Mercedes-Benz 406 Volgren tua putih dan berkarat. Lainnya merupakan bus baru dengan kelir biru. Pada badan bus terpampang nama Transjakarta.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, bus tua penuh karat dan coretan ini dulunya beroperasi sebagai bus PPD yang melayani penumpang di ibukota. Untuk depo PPD di Depok Timur sendiri menggunakan huruf N yang distempel di wajah bus.



Bus punya ciri khas yang mudah sekali dikenali, yaitu model jendelanya. Orang-orang di era '90-an yang menggunakan transportasi PPD pasti hafal dengan bentuknya.

Purnatugas Bus PPD Tua Menanti untuk DimutilasiFoto: Ridwan Arifin


Bus ini memiliki celah antar-jendela, dengan bentuk jendela yang tidak kotak, melainkan oval atau tidak bersudut. Pun demikian pada tampilan muka, terdapat kotak terpisah untuk papan trayek bus yang berada di bagian atas.

Bus PPD Non-AC ini juga dikenal dengan kerja sama bisnis antara perusahaan Indonesia dengan Volgren, Australia.



Namun, kini di masa purnatugas, bus tua yang sempat mengantarkan masyarakat untuk beraktivitas akan dihabiskan untuk revitalisasi. Seperti yang diungkapkan Kirman, penanggung jawab Depo Pool PPD yang sudah mengabdi selama 28 tahun.

Purnatugas Bus PPD Tua Menanti untuk DimutilasiFoto: Ridwan Arifin


"Sekarang sudah diremajakan, peraturannya sudah begitu kan, bus-bus tua sudah dilarang beroperasi," tutur Kirman kepada detikOto.

Memang bila diperhatikan kondisinya jauh dari layak untuk beroperasi. Badan bus mulai dihinggapi karat, ban pun hilang entah ke mana, rasanya dua gambaran tersebut bisa mewakili ke mana arah bus ini berakhir.



"Rencananya bakal dipotong-potong. Istilahnya direvitalisasi, yang bisa dilihat sekarang diganti dengan bus Transjakarta," ungkap Penanggung Jawab Pool PPD Depok, Kirman kepada detikOto.

Bus PPD tua (putih) dan bus baru PPD untuk Transjakarta (biru). Bus PPD tua (putih) dan bus baru PPD untuk Transjakarta (biru). Foto: Ridwan Arifin


Kirman menyebut sekarang tidak ada lagi bus yang bobrok seperti dulu. Kini, PPD beralih fokus untuk melayani penumpang bus Transjakarta. Di pool PPD Depok ini bisa tertampung 62 unit bus Transjakarta berkelir biru.

"Di sini ada 62 bus TransJakarta terparkir setiap harinya," kata Kirman kepada detikOto.


Purnatugas Bus PPD Tua, Menanti untuk Dimutilasi
(riar/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com