Rabu, 20 Feb 2019 08:49 WIB

Bus Tua Tinggal Kenangan

Ridwan Arifin - detikOto
Bus Tua di Pool PPD Depok yang sudah tak terpakai. Foto: Ridwan Arifin Bus Tua di Pool PPD Depok yang sudah tak terpakai. Foto: Ridwan Arifin
Depok - Empat bus terparkir rapi di Depo Bus PPD, Depok, Jawa Barat, menanti giliran untuk perawatan berkala. Sejauh mata memandang, hanya terlihat deretan bus berkelir biru yang terlihat masih mulus.

Di tempat terpisah seonggok bus karatan menyendiri di pojok lahan parkir yang menampung 62 bus TransJakarta itu.

"Di sini ada 62 bus TransJakarta terparkir setiap harinya," buka penanggung jawab bengkel pool PPD Depok, Kirman kepada detikOto, Selasa (19/02/2019).



Aktivitas memang terlihat sepi. Hanya beberapa mekanik yang sedang melakukan perbaikan pada armada bus TransJakarta ini. Kirman mengatakan setiap harinya ada mekanik yang siap melayani perbaikan bus siang-malam.

Bus Tua Tinggal KenanganFoto: Ridwan Arifin


Pria yang sudah bekerja selama 28 tahun di PPD ini mengatakan saat ini sudah tidak ada lagi bus yang bobrok seperti dulu.

"Sekarang sudah diremajakan, peraturannya sudah begitu kan, bus-bus tua sudah dilarang beroperasi. Di sini hanya tersisa satu di pojok sana, dan tidak dipakai," kata Kirman.



Kirman mengatakan sudah banyak pembenahan di sistem manajemen dan armada. Beda dengan dahulu yang terkesan jorok, perawatan armada kini sudah dipegang langsung dari Agen Pemegang Merk (APM).

"Perawatan bus sekarang tidak seperti dulu, sekarang ada tim mekanik yang langsung dari Hino (APM), pengawasan juga langsung dari pusat," ujar Kirman.

Bus yang Lebih Baru di Pool PPD Depok. Bus yang Lebih Baru di Pool PPD Depok. Foto: Ridwan Arifin


"Sekarang tugas saya memastikan keluhan dari sopir seperti apa, baru ditindaklanjuti," singkat Kirman.

Lebih lanjut, Kirman juga berujar saat ini hampir tidak ditemukan sopir bus yang seenaknya. "Budaya kerjanya sekarang tidak lagi mikirin setoran, lebih rapi sudah memiliki seragam," tutup Kirman.

Dalam liputan khas ini, detikOto bersama dengan PasangMata melakukan penelusuran mengenai 'Transportasi Busuk'. Tapi, apakah semua transportasi busuk? Simak terus laporannya di detikOto.

Atau, Otolovers melihat ada 'transportasi busuk' di sekitarnya? Silakan kirim laporannya ke pasangmata.detik.com. (riar/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com