Selasa, 19 Feb 2019 07:57 WIB

Dampak Biodiesel untuk Kendaraan

Rangga Rahadiansyah - detikOto
1
Halaman 1 dari 6
Foto: Tim Infografis: Luthfy Syahban Foto: Tim Infografis: Luthfy Syahban
Jakarta - Calon Presiden (Capres) 01 Joko Widodo (Jokowi) melontarkan pernyataan menarik soal penggunaan bahan bakar ramah lingkungan. Dia memimpikan Indonesia punya bahan bakar biodiesel B100.

Biodiesel sendiri merupakan bahan bakar yang tak lagi menggunakan minyak berbasis fosil. Dengan B100, berarti bahan dasar biodiesel itu dari yang lebih terbarukan seperti jagung, kelapa sawit atau lainnya.



Jokowi mengatakan saat ini pemerintah telah memanfaatkan kelapa sawit dalam program biodiesel 20% atau B20. "Supaya Pak Prabowo tahu, kita telah mulai B20 dan sudah berproduksi 98% dari yang kita harapkan," kata Jokowi dalam Debat Capres Jilid 2 di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2/2019) malam.

"Pemakaian biodiesel sudah kita mulai dengan produksi B20 akan lanjut ke B100 sehingga ketergantungan fosil akan dikurangi dari tahun ke tahun," sambungnya.

Tapi, biodiesel B20 yang sudah diterapkan saat ini memiliki dampak untuk kendaraan yang menggunakannya. Salah satunya adalah membuat filter solar jadi lebih cepat kotor. Berikut ulasan beritanya. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed